Sukses


    Asian Games 2018: Undian Ulang Sepak Bola Tak Untungkan Malaysia

    Jakarta - Drawing ulang terpaksa kembali dilakukan pada cabor sepak bola putra Asian Games 2018. Penyebabnya, karena mundurnya Timnas Irak U-23 karena tak memiliki stok pemain.

    Masalah ini membuat grup E sepak bola Asian Games 2018 sedikit diuntungkan dari drawing ulang yang dilakukan. Pasalnya, mereka kehilangan satu tim yang harus dihadapi dengan pindahnya Uni Emirat Arab (UEA) ke Grup C.

    Ya, Federasi Sepak bola Irak (IFA) mengklaim bahwa klub enggan melepas pemain mereka.

    Alhasil, UEA yang awalnya menempati Grup E bersama Korea Selatan, Malaysia, Bahrain, dan Kirgistan kini harus menggantikan tempat Irak di Grup C. Nantinya, UEA akan bertemu Tiongkok, Timor Leste, dan Siria.

    Mengenai hal itu, empat tim Grup E sepak bola putra Asian Games 2018 jelas diuntungkan dengan dilakukannya drawing ulang. Itu karena mereka akan melakukan pertandingan dengan jumlah yang lebih sedikit.

    Tapi, pelatih Malaysia Ong Kim Swee merasa hal itu sama sekali tak menguntungkan.

    "Ini tak membuat perbedaan besar, hanya satu pertandingan lebih sedikit untuk dimainkan. Tantangannya masih sangat besar bagi kami. Kami masih memiliki Korsel, Bahrain, dan Kirgistan untuk ditangani dan kami tak bisa mengambilnya dengan mudah," ujar Ong, dikutip Goal Malaysia.

    2 dari 3 halaman

    Uji Coba

    Di tengah persiapan menuju Asian Games, Malaysia masih sempat untuk melakoni uji coba melawan Tiongkok pada Minggu (5/8/2018) di Changzhou. Padahal, tinggal 10 hari lagi mereka akan melakoni laga perdana di Asian Games 2018. Tim yang akan jadi lawan pertama mereka adalah Kirgistan pada 15 Agustus 2018. Dua hari setelah itu, giliran Korsel yang akan mereka tantang sebelum menghadapi Bahrain pada 20 Agustus 2018.

    Selama ini, Malaysia pun tak memiliki jejak rekam yang bagus di Asian Games. Saat Aidil tampil di Asian Games 2014, langkah tim asal Negeri Jiran itu langsung terhenti di fase grup. Catatan terbaiknya adalah melaju ke perdelapan final pada Asian Games 2010.

    "Saya ingin melihat kombinasi dari para pemain yang saya miliki. Kami tak memikirkan hasil, tapi lebih pada pehamanan karena ini (lawan Tiongkok) adalah laga internasional pertama kami sejak melawan Korsel. Ini tergantung pada situasinya, tapi saya akan memberikan yang terbaik," jelas Ong.

    3 dari 3 halaman

    Drawing Fase Grup

    Grup A: Indonesia, Hong Kong, Laos, Taiwan, Palestina 

    Grup B: Thailand, Uzbekistan, Bangladesh, Qatar

    Grup C: UEA, China, Timor-Leste, Suriah

    Grup D: Jepang, Vietnam, Pakistan, Nepal

    Grup E: Korea Selatan, Kirgiztan, Malaysia, Bahrain

    Grup F: Korea Utara, Arab Saudi, Iran, Myanmar

    Video Populer

    Foto Populer