Sukses


    Kemenkes Sediakan 25 Ambulans Seharga Rp 2 Miliar untuk Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan menyatakan kesiapan menyambut event Asian Games 2018. Demi mendukung ajang olahraga antarnegara Asia itu, Kemenkes menyediakan 25 unit ambulans yang harganya mencapai Rp 2 miliar per unit.

    Total 25 ambulans itu berfungsi seperti mini ICU. Mobil berjenis van Sprinter dengan merek Mercedes-Benz tersebut dilengkapi perlengkapan seperti seperti ventilator, defibrillator, dan monitor.

    Dengan demikian, nantinya ambulans tersebut tak sekadar menjadi sarana angkut (transfer) pasien ke rumah sakit. Ambulans tersebut juga sudah dilengkapi pelayanan medis berupakan pelaksanaan manajemen di UGD.

    "Harganya hampir dua miliar. Yang penting pada waktu kejadian di dalam ambulans bisa dilakukan pertolongan yang diperlukan. Kemudian waktu sampai di rumah sakit bisa dilakukan pengelolaan sesuai kebutuhan dan kondisi pasien," kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Bambang Wibowo, kepada wartawan di Jakarta.

    Ambulans jenis ini memiliki atas yang lebih tinggi dari jenis standard yang ada di Indonesia. Selain itu, panjang ambulans ini juga lebih dari pada jenis-jenis standar.

    Untuk penyebarannya, sebanyak 20 ambulans jenis ini akan bersiaga di venue-venue Asian Games 2018 di Jakarta, sedangkan lima sisanya akan dikirim ke Palembang. Selain 25 ambulans jenis khusus tersebut, terdapat pula 205 ambulans jenis standar yang bersiaga selama Asian Games 2018.

    Video Populer

    Foto Populer