Sukses


    Banjir Pujian, Dana Opening Ceremony Asian Games 2018 Tergolong Kecil

    Bola.com, Jakarta - Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018) malam, menuai pujian, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

    Fakta yang terungkap, pembukaan dan penutupan Asian Games ke-18 itu hanya menyedot dana 52 juta dollar AS atau sekitar Rp 759 miliar rupiah. Jumlah ini hampir sepuluh kali lebih kecil dibanding upacara pembukaan Olimpiade musim dingin di Sochi tahun 2014 yang menghabiskan 500 juta dolar.

    "Jumlah ini tergolong kecil karena untuk pembukaan dan penutupan. Perbandingannya misal dengan Olimpiade Sochi yang menghabiskan 500 juta dolar," kata Deputi II Games Administration, Francis Wanandi.

    Direktur Kreatif Wishnutama menambahkan, anggaran pembukaan Asian Games 2018 juga jauh lebih kecil dari Asian Indoor Martial Arts 2017 di Turkmenistan.

    "Justru dengan dana yang tidak besar, kami terpicu untuk lebih kreatif," kata Wishnutama.

    Pembukaan Asian Games 2018 diawali dengan aksi Presiden RI Joko Widodo naik sepeda motor menuju kawasan SUGBK. Kemudian, ribuan penari saman beraksi dengan koreografi yang epic.

    Tari saman sebagai atraksi pertama yang ditampilkan juga mengundang pujian. Selain itu, parade atlet juga berlangsung meriah dengan latar belakang panggung tiga dimensi berbentuk gunung. Tarian kolosal dan penampilan musisi Tanah Air juga menghipnotis penonton dalam acara pembukaan tersebut.

    Ditambah lagi, saat Via Vallen yang menyanyikan lagu Meraih Bintang, Presiden Jokowi ikut berjoget dan membuat penonton heboh.

    Pembukaan Asian Games 2018 mendapat respons luar biasa dari pengguna media sosial. Tagar Opening Ceremony Asian Games 2018 menjadi trending topic worldwide.

     

    Video Populer

    Foto Populer