Sukses


Bui Thi Thu Thao, Pencetak Sejarah bagi Vietnam di Atletik Asian Games

Bola.com, Jakarta - Atlet Vietnam, Bui Thi Thu Thao, mengukir sejarah baru saat meraih medali emas dari nomor lompat jauh putri di Asian Games 2018. Dia menasbihkan diri sebagai atlet pertama asal Vietnam yang menyumbang medali emas dari cabang olahraga atletik sepanjang sejarah Asian Games.

Butuh waktu 64 tahun buat Vietnam mendapatkan medali emas dari cabang olahraga atletik. Sejarah itu tercipta pada Senin (27/8/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ketika menggelar lomba lompat jauh putri Asian Games 2018.

Bui Thi Thu Thao mencatatkan lompatan terjauh yakni 6,55 meter. Atlet putri berusia 26 tahun itu unggul 0,04 meter atas wakil India, Neena Varakil, yang meraih perak. Dia unggul 0,05 meter atas pelari China, Xiaoling Xu, yang menyabet perunggu.

Tanda-tanda kesuksesan Bui Thi Thu Thao sudah terlihat pada Asian Games Incheon 2014. Ketika itu, dia menyabet medali perak setelah mencatatkan lompatan 6,44 meter atau selisih 0,11 meter dari Maria Natalia Londa yang meraih medali emas.

Bui Thi Thu Thao kemudian bisa mengalakan Maria Londa di SEA Games Kuala Lumpur 2017.  Maria Londa harus puas merengkuh perak.

Bui Thi Thu Thao bahagia bukan kepalang atas prestasinya di Asian Games 2018. Bahkan, Bui Thi Thu Thao mengaku sudah punya firasat akan membuat masyarakat Vietnam berbahagia dan bangga.

"Saya sangat percaya diri melakoni perlombaan. Sebelum bertanding, saya memasang foto masyarakat Vietnam sedang merayakan kemenangan dan saya melakukan yang terbaik untuk mewujudkan impian itu," kata Bui Thi Thu Thao setelah perlombaan.

"Saya ingin berterima kasih kepada seluruh pelatih, keluarga, teman-teman, dan penggemar yang selalu menyemangati saya di Asian Games 2018," ucap Bui Thi Thu Thao.

Video Populer

Foto Populer