Sukses


    Striker Gamba Osaka Torehkan Rekor bersama Korsel di Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Striker tajam Timnas Korea Selatan U-23, Hwang Ui-jo, menorehkan rekor di Asian Games 2018. Rekor itu tercipta setelah ia mencetak hattrick saat the Taeguk Warriors menang 4-3 atas Uzbekistan di perempat final sepak bola Asian Games 2018 (27/8/2018).

    Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) seperti dilansir dari Yonhap, menulis Hwang Ui-jo tercatat sebagai pemain Korea Selatan pertama yang melakukan hattrick dua kali dalam satu turnamen internasional resmi.

    Sebelum mencetak hattrick saat melawan Uzbekistan, striker yang bermain untuk klub Jepang, Gamba Osaka, itu sudah mencetak tiga gol saat the Taeguk Warriors melibas Bahrain 6-0 pada laga pertama penyisihan Grup E Asian Games 2018 (15/8/2018).

    Dua hattrick plus tambahan dua gol lagi, yang dilesakkan masing-masing saat Korsel kalah 1-2 dari Malaysia (17/8/2018) dan menang 2-0 atas Iran di 16 besar (23/8/2018).

    Total koleksi delapan gol striker berusia 25 tahun ini membuatnya jadi top scorer sementara sepak bola Asian Games 2018.

    Bisa jadi gelar itu akan jatuh padanya mengingat Korsel sudah menapaki semifinal dan pesaing terdekatnya, pemain Timnas Uzbekistan U-23, Ikromjom Aibaev, yang mengoleksi lima gol, sudah tersingkir.

    Sementara pesaing lain, semisal yang mengoleksi empat gol, rata-rata tim yang dibela mereka sudah tersingkir. Dari delapan nama pencetak empat gol, hanya ada dua nama, yakni Yuto Iwasaki (Jepang) serta Zayed Al-Almeri (Uni Emirat Arab) yang punya peluang menambah koleksi gol. 

    Hwang Ui-jo merupakan satu dari tiga pemain wild card Timnas Korea Selatan U-23 yang dibawa pelatih Kim Hak-bum. Ia berpeluang memecahkan rekor lama milik Hwang Sung-hong, yakni pencetak gol terbanyak Korsel dalam satu Asian Games.

    Hwang Sung-hon mengoleksi 11 gol saat Korsel finis di peringkat keempat Asian Games 1994. Catatan 11 gol saat Asian Games itu belum terpecahkan lagi hingga saat ini.

    Hwang Ui-jo masih punya laga semifinal kontra Vietnam, dan jika Timnas Korea Selatan U-23 menang di semifinal yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (29/8/2018), ia juga memiliki laga final yang bisa digunakannya untuk menambah pundi-pundi golnya.

    Video Populer

    Foto Populer