Sukses


    Asian Games: Atlet Jepang Rebut Emas Triathlon, Wakil Indonesia Finis ke-17

    Bola.com, Jakarta - Atlet Jepang, Yuko Takahashi, merebut medali emas cabor triatlon nomor elite putri Asian Games 2018 di Jakabaring Sport City, Jumat (31/8/2018) pagi.

    Takahashi mengulang prestasinya tahun lalu di tempat yang sama saat menjuarai Asian Triatlon Championship 2017. Sejak start, Yuko langsung mengungguli pesaing lainnya.

    Lomba dimulai dengan renang sepanjang 1,5 kilometer di venue dayung disambung dengan bersepeda menempuh jarak 40,7 kilometer (6 lap) dan lari dengan jarak tempuh 10,3 kilometer (4 lap). Yuko unggul 1 menit 47 detik atas pesaingnya Zhong Meying (China) yang meraih perak. Sedangkan medali perunggu diraih Hoi Long (Macau).

    "Saya sangat senang bisa kembali menang di Palembang, apalagi catatan waktu saya lebih baik ketimbang tahun lalu. Kunci kemenangan kali ini karena bisa memperlebar jarak dengan yang lain saat sepeda tadi, karena saat renang masih sangat ketat," ujarnya setelah pertandingan.

    Yuko juga menyebut cuaca di Asian Games kali ini jauh lebih menguntungkan baginya. "Tahun lalu sangat panas, sekarang sedikit lebih sejuk. Namun, persaingan tahun ini jauh lebih ketat," tambahnya.

    Wakil Indonesia, Andi Ameera Sayaka, harus puas menempati urutan ke-17 dari 22 peserta. Namun, hasil yang dicapai atlet muda Indonesia dirasa cukup memuaskan mengingat baru empat bulan berlatih intensif di nomor triatlon.

    “Sebagai pelatih saya memang tidak membebankan apapun di Asian Games ini, yang terpenting dia bisa finis menikmati lomba dan belajar banyak dari atlet lainnya,” ungkap pelatih triathlon Indonesia, Armand Van Kermen.

    Meski tercecer cukup jauh di Asian Games 2018, Armand menyebut catatan waktu yang diraih Ameera cukup menjanjikan dan bisa bersaing untuk perhelatan SEA Games 2019.  “Jika dia mau mengorbankan sekolahnya, berlatih fokus dan kerja keras, saya optimis Ameera bisa minimal mendapat podium saat SEA Games nanti,” kata dia. 

    Video Populer

    Foto Populer