Sukses


    5 Negara yang Mencetak Rekor Perolehan Medali Emas pada Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Panggung Asian Games 2018 menjadi ajang 'pemaparan' dari masing-masing kontingen peserta dalam mengukur hasil latihan. Imbasnya, Jakarta-Palembang memberi kebahagiaan dan catatan istimewa dari beberapa negara peserta.

    Satu di antara catatan spesial tersebut adalah pencapaian rekor perolehan medali emas yang melonjak drastis. Di luar Korea Bersatu, ada lima negara yang berhasil mencetak sejarah baru dalam pengumpulan medali emas di satu event Asian Games.

    Kontingen pertama yang memiliki catatan lonjakan fantastis dalam urusan mengumpulkan medali emas adalah Indonesia. Tuan rumah berhasil memanfaatkan benefit bertarung di depan fans sendiri. Kontingen Merah Putih mengumpulkan 31 medali emas.

    Pencapaian tersebut menjadi performa luar biasa sekaligus rekor baru. Sebelumnya, perolehan terbanyak medali emas kontingen Indonesia ada di perhelatan Asian Games 1962. Saat itu, Indonesia memeroleh 11 emas.

    Kontingen kedua yang tergolong mengejutkan adalah Bahrain. Mereka mengoleksi 12 medali emas, berselisih tiga dengan catatan terbaik mereka. Sebelumnya, Bahrain mendapat sembilan medali emas pada Asian Games 2014, Incheon. Uniknya, 12 medali emas tersebut berasal dari satu cabang, yakni atletik.

    Beberapa nomor penyumbang medali emas tersebut antara lain lari 5 km putra, lari 10 km putra, lari 100 meter putri, lari 200 meter putri, lari 400 meter putri, lari 1.500 meter putri, jalan cepat 3 ribu meter putri, lari 400 meter halang rintang putri, lari maraton putri, lari estafet 4 x 100 meter putri dan lari 4 x 400 meter estafet campuran.

    Negara lain yang mengejutkan adalah Kamboja. Mereka mendapat dua medali emas melalui cabang jet ski dan ju-jitsu. Hasil tersebut naik dua kali lipat dari empat tahun silam di Incheon, Korsel.

    Masih ada Uzbekistan yang sanggup mendapat 21 medali emas sepanjang Asian Games 2018. Angka tersebut menjadi yang terbaik, setelah pada Asian Games 2002, mereka memetik 15 medali emas.

    Video Populer

    Foto Populer