Sukses


Son Heung-min Tak Ingin Melupakan Asian Games 2018

Bola.com, Incheon - Asian Games 2018 akan jadi kenangan tak terlupakan dalam kehidupan Son Heung-min. Pemain Tottenham Hotspur itu menorehkan tinta emas dalam karier profesionalnya sebagai pesepak bola pada pesta olahraga terbesar di Asia itu.

Son Heung-min memenangi medali emas cabor sepak bola putra Asian Games 2018 bersama Timnas Korea Selatan U-23. "Ini adalah kali pertama saya memenangi kompetisi," kata Son saat tiba di Bandara Incheon dari Jakarta, Senin (3/9/2018).

"Saya senang dan berterima kasih, saya memenangi gelar dengan mengenakan jersey Timnas Korsel. Saya berharap bisa memiliki lebih banyak momen yang membuat saya tersenyum pada akhirnya," imbuh Son dikutip dari Yonhap, Senin (3/9/2018).

Son dan Timnas Korea Selatan U-23 memenangi medali emas setelah di partai final mengalahkan Jepang 1-2 lewat babak perpanjangan di Stadion Pakansari, Cibinong (1/9/2018).

"Saya bisa mengingat setiap pertandingan yang saya jalani, seperti masih terjadi kemarin. Ada hasil baik, ada pula yang jelek. Tapi, semua itu momen berharga yang tak ingin saya lupakan," lanjut pemain 26 tahun itu.

Meski sudah tampil di level tertinggi turnamen sepak bola, seperti Piala Dunia, Asian Games 2018 memberi banyak hal baru buat Son Heung-min.

Ia berujar belajar banyak hal dari Asian Games 2018, yang akan membuatnya menjadi pemain yang lebih baik.

"Itu pertama kali saya bermain di turnamen sebagai kapten tim, saya khawatir. Tapi, Hwang Ui-jo dan pemain lain banyak membantu saya. Di lapangan, saya merasa lebih bertanggung jawab sebagai kapten," ujarnya.

"Kami punya jadwal sangat padat, dan itu jadi kali pertama sejak SMP atau masa-masa SMA, saya bermain di banyak pertandingan dalam durasi waktu sangat singkat," ucapnya.

"Tapi, saya belajar banyak hal. Meski secara fisik saya capek, saya berusaha tak memperlihatkan itu pada rekan satu tim, dan saya selalu bekerja keras untuk berkorban demi tim. Pemain mengikuti jejak saya, dan itulah mengapa kami mendapat hasil bagus," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Cinta Tim

Kebersamaan dengan pemain yang lebih muda di Timnas Korea Selatan U-23 juga meninggalkan jejak di hati Son. 

"Selama Asian Games, saya bilang ke mereka untuk menghadapi tantangan di situ karena mereka punya potensi. Saya cinta tim ini, dan karena mereka lebih muda dari saya, saya akan bertemu mereka untuk waktu lama. Saya bilang ke mereka untuk menghubungi saya ketika mereka butuh bantuan saya," ungkapnya.

Dengan raihan medali emas Asian Games 2018, Son akan mendapat pengecualian untuk tak menjalani keharusan wajib militer hingga dua tahun lamanya. Sebagai gantinya, ia hanya akan menjalani latihan dasar kemiliteran selama empat minggu saja.

Di sisi lain, Son Heung-min tak langsung kembali gabung ke Tottenham karena ia mendapat panggilan gabung Timnas Korsel senior untuk uji coba internasional melawan Kosta Rika dan Chile pada Jumat (7/9/2018) dan Selasa (11/9/2018).

Video Populer

Foto Populer