Sukses


    Asian Games 2018: Peraih Emas dari Filipina Banjir Bonus, Lebih Besar dari Indonesia?

    Jakarta - Bukan hanya Indonesia yang memberikan bonus bagi atlet yang meraih prestasi di Asian Games 2018 lalu. Pemerintah Filipina juga memberlakukan hal yang sama bagi atletnya.

    Seperti dilansir situs resmi OCA, pemerintah Filipina telah mengatur pemberian bonus bagi para atlet yang berlaga di Asian Games 2018. Lewat aturan RA 10699, ditetapkan bonus bagi atlet yang sukses meraih medali emas sebesar 2 juta peso atau US$ 40 ribu.

    Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, menambah sukacita para atletnya. Dalam acara pemberian insentif atlet di Malacanan Palace, Rabu lalu, Duterte memberi 2 juta peso lagi bagi atlet-atlet yang meraih emas di Asian Games 2018. Dengan demikian, dari pemerintah saja, peraih emas dari Filipina telah mengantongi 4 juta peso atau sekitar US$ 80 ribu.

    Tambahan lainnya, datang Duta Besar Filipina untuk Indonesia, HE Lee Hiong Tan Wee sebesar 1 juta peso, dari Siklab Foundation of Sec Dennis Uy juga sebesar 1 juta peso, dan 2 juta peso lagi diberikan oleh Komite Olimpiade Filipina. Bila ditotal, masing-masing atlet akan mendapatkan bonus hingga 8 juta peso (US$ 160 ribu) atau setara dengan Rp 2,3 miliar.

    Sebelumnya, pemerintah Indonesia juga telah memberikan bonus bagi para atlet yang berlaga di Asian Games 2018. Masing-masing peraih medali emas mendapat hadiah sebesar Rp 1,5 miliar, sedangkan perak Rp 500 juta, dan perunggu Rp 250 juta. Ini belum termasuk bonus lain yang diberikan oleh sponsor dan pemerintah daerah. 

    Pada Asian Games 2018 lalu, Filipina finis di urutan ke-19 dengan 4 emas, 2 perak, dan 15 perunggu. Empat emas berasal dari cabang angkat besi, golf (2), dan skateboard (2).

    Menariknya, seluruh atlet peraih emas dari Filipina adalah wanita.  

    Video Populer

    Foto Populer