Sukses


Rio Haryanto: Setelah Berjuang 15 Tahun, F1 Sudah di Depan Mata

Bola.com, Jakarta - Impian Rio Haryanto tampil di arena Formula 1 (F1) tinggal selangkah lagi terealisasi. Tim F1, Manor Marussia, sudah menyodorkan kontrak dan menyediakan satu kursi untuk ditempati Rio pada musim 2016, Senin (7/12/2015). Tak heran, Rio sangat gembira karena impiannya terjun ke arena F1 kini benar-benar sudah di depan mata.

Rio kini tinggal merampungkan keping terakhir untuk meneken kontrak bersama Manor, yaitu menyetor dana senilai 15 juta euro atau setara Rp 225 miliar. Jika hal itu bisa dilakukan, pekan depan pria asal Solo, Jawa Tengah, tersebut bakal resmi bergabung dengan Manor.

“Setelah lebih dari 15 tahun saya berbakti kepada Tanah Air di bidang olahraga, kesempatan untuk bertanding di Kejuaraan Dunia F1 kini sudah ada di depan mata,” ujar Rio melalui pesan singkat kepada bola.com, Senin.

Rio menyatakan kehadiran seorang pebalap Indonesia di kancah F1 merupakan hal positif dilihat dari sisi olahraga, pendidikan, pariwisata, maupun ekomomi.

“Tahun depan, F1 akan digelar di 21 negara dan ini merupakan peluang emas bagi Indonesia untuk disaksikan sekitar setengah miliar pasang mata. Baik secara langsung atau tidak langsung, F1 juga dapat membantu perkembangan suatu negara,” beber pengidola Ayrton Senna tersebut.

“Misalnya, dari segi ekonomi, sektor pariwisata dan investasi dapat meningkat. Dari sisi pendidikan, dengan adanya akses ke F1 diharapkan semakin banyak siswa-siswa yang lebih semangat menuntut ilmu, karena balapan F1 mirip dengan rumitnya menjalankan program eksplorasi ruang angkasa. Makanya saya mohon dukungan dari semua pihak demi kejayaan Indonesia,” imbuh dia.

Seperti diketahui, Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, mengatakan Senin (7/12/2015) pagi mendapat email dari pihak Manor yang ditandatangani sang owner, Stepgen Fitzpatrick. Dalam email itu disebutkan mereka terkesan dan puas dengan performa Rio saat melakoni tes di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Selasa (1/12/2015) pekan lalu.

Manor pun menyodorkan kontrak kepada Rio Haryanto dan berharap kesepakatan dapat tercapai pekan depan. Namun, jika Rio gagal menyetorkan dana senilai 15 juta euro kepada Manor, kesempatan yang sudah ada di depan mata itu bisa melayang.

 

Video Populer

Foto Populer