Sukses


2016, Pebalap Spanyol Kembali Mendominasi?

Bola.com, Barcelona - Balap motor dunia Grand Prix dalam beberapa tahun terakhir menjadi milik pebalap Spanyol. Tak hanya di MotoGP, pebalap Negeri Matador juga berkuasa di Moto2 dan Moto3.

Dominasi pebalap Spanyol dimulai sejak musim 2013. Saat itu, tiga kelas balapan GP dimenangi pebalap Spanyol.

Di kelas MotoGP, Marc Marquez yang jadi pemenang. Sedangkan Pol Espargaro menjuarai kelas Moto2 dan Maverick Vinales menguasai kelas Moto3.

Dominasi itu berlanjut di musim 2014. Tiga pebalap Spanyol kembali menguasai tiga kelas balap motor GP. Marquez di MotoGP, Esteve Rabat juarai Moto2 dan Alex Marquez jadi pemenang di Moto3.

Hasil kurang memuaskan didapat pebalap Spanyol pada 2015. Hanya ada satu pebalap Negeri Matador yang menjadi juara, yaitu Jorge Lorenzo. Dia menguasai MotoGP. Sementara di gelar juara dunia Moto2 dan Moto3 direbut pebalap negara lain. Moto2 dimenangi Johann Zarco asal Prancis dan Moto3 dijuarai Danny Kent asal Inggris. 

Menariknya, secara statistik podium, pebalap Spanyol tetap pemenangnya. Dilansir Speedweek, pebalap Spanyol merebut 57 podium (27 podium MotoGP, 20 podium Moto2, dan 10 podium Moto3). Sementara Italia hanya meraih 39 podium.

Bagaimana di musim 2016? Pebalap Spanyol lebih dijagokan. Di MotoGP, Negeri Matador mengandalkan Lorenzo, Marquez, Dani Pedrosa, Vinales, Pol dan Aleix Espargaro.

Di Moto2 ada nama Alex Marquez, Efren Vazquez dan Alex Rins. Sayang, di Moto3 tak ada pebalap Spanyol yang menyakinkan.

Video Populer

Foto Populer