Sukses


MotoGP 2016, Titik Nadir Pebalap Amerika Serikat

Bola.com, New York - MotoGP 2016 akan menjadi sejarah buruk buat olahraga balap Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya dalam gelaran MotoGP, AS tak diwakili satu pebalap pun.

Tak ada nama pebalap Negeri Paman Sam yang akan berlaga pada MotoGP 2016. Pebalap AS terakhir yang tampil di kejuaraan ini adalah Nicky Hayden. Pada musim 2015, pebalap berusia 34 tahun ini membela Aspar MotoGP Team.

Pebalap yang dinobatkan sebagai legenda MotoGP tersebut sudah memutuskan untuk berhenti. Kini, juara dunia MotoGP 2006 itu beralih profesi menjadi pebalap Superbike.

Fakta ini tentu mencoreng nama AS di kancah MotoGP karena selama ini negeri adidaya tersebut selalu mengirimkan wakil di ajang ini, demikian yang diberitakan Speedweek. Bahkan, beberapa di antaranya sukses menjadi legenda.

Selain Hayden, pebalap AS yang juga mencetak sejarah luar biasa di MotoGP adalah Eddie Lawson (4 gelar 500 cc), Freddie Spencer (2 gelar), Wayne Rainey (3 gelar), Kevin Schwantz (1 gelar), dan Kenny Robert Jr (1 gelar).

Diyakini, absennya pebalap AS di MotoGP akan bertahan dalam beberapa tahun ke depan. Sampai saat ini, Negeri Paman Sam belum memiliki calon penerus Hayden karena di ajang Moto2 dan Moto3, AS juga tak memiliki wakil.

Video Populer

Foto Populer