Sukses


Demi Keselamatan Pebalap, MotoGP Terapkan Aturan Baru pada 2016

Bola.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, MotoGP bakal menetapkan sejumlah peraturan soal penggunaan helm, jaket, sarung tangan dan sepatu. Peraturan ini bakal diterapkan pada musim baru 2016.

Dari regulasi tersebut, Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports mewajibkan pebalap hanya memakai helm yang memenuhi Rider’s Equipment Minimum Requirements (REMR) FIM.

Seperti dilansir dari laman Motorsport, Minggu (10/1/2016), penerapan regulasi itu bertujuan menambah tingkat keamanan pebalap dari hal terkecil.

Kaca helm tersebut akan dilapisi material anti-gores, sehingga pebalap akan mendapat visibilitas terbaik saat membalap. Penggunaan tear-off (lapisan plastik pada kaca) pun diperbolehkan untuk mencegah kaca tergores dari benda-benda kecil.

Selain itu, Valentino Rossi dkk juga akan mengenakan baju pelindung dada dan punggung. Semua pakaian pelindung juga harus memgikuti standar ISO dan EN, yakni terbuat dari bahan 100 persen kulit asli supaya pebalap tidak mengalami luka serius jika terjatuh di trek.

Kendati sejumlah regulasi telah dikeluarkan, belum ada aturan yang menyebutkan tentang penggunaan teknologi air bag. Kemungkinan air bag baru bisa diterapkan pada musim balap MotoGP 2017.

Video Populer

Foto Populer