Sukses


4 Juara Dunia MotoGP yang Tak Memakai Nomor 1

Bola.com, - Juara dunia MotoGP memiliki satu keistimewaan. Sebagai juara, seorang pebalap berhak memilih nomor motor yang akan dipakai pada musim berikutnya. Dia bisa menggunakan nomor favoritnya atau mengubahnya menjadi nomor 1.

Ternyata, mayoritas juara dunia memilih untuk tetap memakai nomor asli mereka. Tradisi itu mulai terlihat sejak diperkenalkannya era MotoGP pada 2002.

Bagi sebagian pebalap, nomor 1 dianggap sebagai angka yang spesial dan memberikan kebanggaan tersendiri. Namun, angka tersebut seolah membawa kutukan. Belum pernah ada juara dunia di era MotoGP yang berhasil mempertahankan titelnya dengan menggunakan motor bernomor 1! Casey Stoner sudah dua kali merasakannya pada musim 2008 dan 2012.

Berikut daftar juara dunia MotoGP yang memilih tak memakai nomor 1 demi menggunakan nomor kesukaannya pada musim berikutnya

1. Valentino Rossi

Valentino Rossi sudah tujuh kali merebut gelar juara dunia kelas primer (500cc/MotoGP). Namun, The Doctor tak pernah sekalipun memakai nomor motor 1. Dia lebih memilih memakai nomor 46 yang sudah melekat erat dengannya. Namun, Rossi tetap menempelkan angka 1 di bagian bahu pada kostum balapnya sebagai penanda bahwa dirinya juara dunia bertahan.

2 dari 3 halaman

1

2. Jorge Lorenzo

Saat pertama kali menjadi juara dunia MotoGP pada 2010, Jorge Lorenzo mengganti nomor motornya dari 99 menjadi 1 untuk musim 2011. Belajar dari pengalaman itu, Lorenzo akhirnya mempertahankan nomor 99 setelah merebut titel keduanya pada 2012. Namun, hasilnya sama saja karena dia tetap gagal mempertahankan gelarnya pada musim 2013. Lalu, nomor berapakah yang akan dipilih Lorenzo pada musim 2016 setelah menjadi juara dunia musim lalu?

3. Marc Marquez

Marc Marquez termasuk juara dunia yang enggan memakai nomor motor 1. Setelah merebut titel di musim debutnya di MotoGP pada 2013, Si Bayi Alien tetap menggunakan nomor 93 untuk musim 2014. Hasilnya, dia sukses mempertahankan gelar juara dunia.

3 dari 3 halaman

2

4. Barry Sheene

Barry Sheene merupakan pebalap pertama di era modern yang mempertahankan nomor aslinya setelah menjadi juara dunia. Pebalap asal Inggris itu tetap memakai nomor motor 7 pada 1977 setelah meraih titel pada musim sebelumnya. Hasilnya, dia sukses mempertahankan gelar. Kabarnya, tradisi Valentino Rossi tak mengganti nomor motor setelah menjadi juara dunia terinspirasi dari Sheene. 

Video Populer

Foto Populer