Sukses


Tak Lagi Muda, Ini Trik Rossi untuk Bersaing Jadi Juara Dunia

Bola.com, Barcelona - Valentino Rossi punya pendekatan berbeda dalam mempersiapkan diri jelang MotoGP 2016. Tak seperti musim-musim sebelumnya, pebalap Yamaha itu lebih fokus kepada aspek fisik ketimbang teknis.

Rossi sadar sudah tak muda lagi. The Doctor menjadi pebalap tertua pada MotoGP 2016. Saat start seri pertama di Losail, Qatar, pada 20 Maret 2016, pemegang 9 gelar juara dunia ini akan menginjak usia 37 tahun.

Di sisi lain, para pesaing Rossi berumur jauh lebih muda. Jorge Lorenzo saat ini masih berusia 28 tahun, sedangkan Marc Marquez baru menginjak usia 22 tahun.

Bicara kemampuan teknis, tak ada yang meragukan pebalap asal Italia tersebut. Namun, Rossi jelas kalah fisik. Jadi wajar jika dia fokus mengatasi kelemahannya itu.

"Sangat penting bagi saya untuk berada dalam kondisi fisik 100 persen pada balapan pertama. Persiapan saya sedikit berbeda untuk tahun ini. Saya lebih sering berlatih di pusat kebugaran dan berlatih kardio daripada berlatih normal dengan motor," kata Rossi seperti dilansir Crash.

"Motivasi saya dalam balapan dan latihan tetap sama walau sudah veteran. Namun, saya harus berusaha lebih keras untuk menjaga performa di level tinggi seperti dua tahun terakhir. Minimal saya bisa tampil kompetitif seperti musim 2015," tambahnya.

Dalam dua tahun terakhir, Rossi selalu mengakhiri musim di posisi kedua. Tahun lalu dia hampir meraih titel, tapi disalip Lorenzo pada seri terakhir di Valencia. Rossi akhirnya terpaksa merelakan gelar juara dunia direbut rekan timnya tersebut dengan selisih lima poin.

Video Populer

Foto Populer