Sukses


Sandiaga Uno Siap Jadi Juru Selamat Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Sandiaga Uno siap jadi juru selamat Rio Haryanto dalam usaha meraih mimpi tampil di Formula 1 pada 2016. Pengusaha yang berencana maju sebagai orang nomor 1 di DKI itu akan membantu Rio memecahkan masalah keuangan yang saat ini masih menjadi penghalang.

Rio membutuhkan dana sebesar 15 juta euro untuk mengamankan satu kursi tersisa di tim Manor Racing. Manajemen Rio sudah menyetor uang muka sebesar 3 juta euro, tapi masih berselisih 2,5 juta euro lagi dari permintaan Manor.

Sebenarnya Rio sudah dijanjikan bantuan 5,2 juta euro dari Pertamina dan Rp 100 miliar dari pemerintah lewat KONI. Namun, dana tersebut belum bisa dicairkan karena terhalang birokrasi.

Padahal, kubu Rio membutuhkan uang tersebut dalam waktu dekat karena tenggat waktu dari Manor untuk melunasi uang muka jatuh pada pekan ini.

Karena itu, manajemen Rio berinisiatif mencari dana lain dari para pengusaha. Salah satu sosok yang didatangi ialah Sandiaga Uno. Rio, ditemani sang bunda Indah Pennywati dan manajer Piers Hunnisett, menemui Ketua Umum PB PRSI itu di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

"Saya butuh dukungan dari semua pihak untuk bisa tampil di F1 karena biayanya tidak sedikit. Saya sudah jadi pebalap sejak berusia 6 tahun. Kini pintu ke F1 yang sudah saya cita-citakan sejak kecil ada di depan mata. Semoga Pak Sandiaga bisa membantu membukakan jalan," kata Rio kepada wartawan.

Sandiaga mengatakan akan mempelajari proposal yang disodorkan manajemen Rio. Dia bersedia melakukan apa saja untuk bisa membantu Rio, mulai dari memberikan dukungan moril dan materil sampai menjadi penyambung lidah dengan para pengusaha.

"Saya akan begadang untuk melihat proposal ini. Jika Rio tampil di F1 tentu akan menjadi kebanggaan buat Indonesia. Hal itu juga bagus buat mempromosikan Indonesia di tingkat dunia. Saya prihatin karena Rio butuh dana cepat untuk memenuhi tenggat waktu Manor. Secepatnya saya akan memberikan respons karena saya percaya niat luhur Rio yang ingin mengharumkan nama bangsa di tingkat dunia harus didukung," ujar Sandiaga.

Ibunda Rio, Indah Pennywati, berharap janji konkret dari Sandiaga. "Saya harap Pak Sandiaga bersedia memberikan dukungan. Karena ini bukan hanya buat Rio semata tapi demi Indonesia," katanya.

Video Populer

Foto Populer