Sukses


Resmi ke F1, Rio Haryanto: Terima Kasih Mami, Aku Cinta Kamu!

Bola.com, Jakarta - Perjalanan karier Rio Haryanto di dunia balap tak bisa dilepaskan dari sosok sang bunda, Indah Pennywati. Karena itu, setelah dipastikan tampil di Formula 1 pada 2016, hal pertama yang dilakukan Rio adalah mengucapkan terima kasih kepada wanita yang dipanggilnya dengan sebutan mami tersebut.

Rio resmi diumumkan sebagai pebalap Manor Racing pada Kamis (18/2/2016). Pebalap berusia 23 tahun itu akan berduet dengan pebalap junior Mercedes asal Jerman, Pascal Wehrlein.

"Saya lega dan masih tak percaya. Setelah melalui jalan berliku, akhirnya saya bisa tampil di F1, sesuatu yang sudah menjadi mimpi saya sejak berusia 6 tahun," kata Rio.

Rio diadang banyak rintangan untuk bisa berada dalam satu lintasan dengan para pebalap top dunia seperti Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel. Saat tawaran dari Manor Racing datang, dia terkendala masalah dana. Dia kesulitan memenuhi permintaan Manor sebesar 15 juta euro untuk mengamankan satu kursi pada 2016.

Untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan, Rio harus berjuang keras dengan menemui perwakilan pemerintah dan para pengusaha. Walau seringkali hanya mendapat harapan semu, Rio tak pernah menyerah dan selalu berusaha mencari jalan keluar.

Perjuangan Rio pun terbayar. Setelah melalui jalan yang terjal, tiket ke F1 berhasil diraih. Dukungan pemerintah, pihak sponsor terutama PT. Pertamina, dan fans setia membuat Rio tetap semangat mengejar mimpi masa kecilnya.

Namun, di luar itu semua ada satu sosok yang punya peran terbesar terhadap kesuksesan Rio, yaitu sang ibunda yang merangkap sebagai manajer, Indah Pennywati. Rio pun mengakuinya.

"Peran mami sangat luar biasa. Saya sangat berterima kasih atas perjuangan mami yang selalu mendampingi, baik di dalam dan luar trek. Apalagi mami juga merangkap sebagai manajer saya," kata Rio.

Rio tak mengesampingkan dukungan sang ayah, Sinyo Haryanto. Hanya, sang ayah lebih sering berada di balik layar. Sang bunda lah yang lebih sering terlihat menemani Rio saat balapan sejak masih junior sampai akhirnya bisa tampil di F1.

Ketika Rio dihadang problem dana, Indah pasang badan. Dia tak kenal lelah bergerilya menemui para pengusaha demi karier putra tercinta.

"Saya merasa sangat bersyukur bisa memiliki Ibu yang luar biasa dan selalu memperjuangkan karier saya. Hanya tiga kata yang bisa saya ucapkan kepada beliau: Aku sayang Mami," ujar Rio.

Video Populer

Foto Populer