Sukses


Bogor LavAni dan Bandung BJB Tandamata Cetak Sejarah Baru di PLN Mobile Proliga 2022

Bola.com, Jakarta Kompetisi voli terbesar di Indonesia, PLN Mobile Proliga 2022 telah resmi berakhir pada 27 Maret 2022 lalu. Tim Voli Putra, Bogor LavAni keluar sebagai juara umum usai laga sengit melawan Surabaya Bhayangkara Samator.

Di sektor voli putri, Bandung BJB Tandamata sukses meraih gelar juara setelah menumbangkan Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia di babak final. Kemenangan kedua tim menjadi sesuatu yang luar biasa. Pasalnya mereka juga sukses mengukir sejarah baru di dunia voli Tanah Air.

Bogor LavAni, Tim Debutan yang Juara PLN Mobile Proliga 2022

Tak ada yang menyangka, tim langganan juara Surabaya Bhayangkara Samator tumbang di babak grand final. Juara 7 kali Proliga ini harus mengakui keunggulan tim debutan Bogor LavANI dengan skor akhir 3-2 (23-25, 25-19, 20-25, 25-18, 15-10).

Kedua tim bermain sengit di awal pertandingan. Namun, Surabaya Bhayangkara Samator berhasil merebut set pertama dengan kemenangan 27-25. Memasuki set kedua, Bogor Lavani tampil lebih percaya diri. Hasilnya, mereka berhasil membungkam Surabaya Bhayangkara Samator 25-19.

Pada set ketiga, kembali pertandingan berjalan sengit. Hasilnya, Surabaya Bhayangkara Samator berhasil unggul poin 25-18. Di set keempat dan kelima, Bogor Lavani tampil lebih dominan dan penuh semangat.

Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul yang menjadi lokasi Grand Final PLN Mobile Proliga 2022 langsung 'pecah' begitu Bogor LavANI mencatatkan angka 15 pada set 5. Para pemain berhamburan ke lapangan merayakan kemenangan tim yang dimiliki oleh Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Bogor Lavani membuktikan catatan impresif SBS tak membuat tim gentar. Dengan permainan penuh percaya diri, mereka mencetak sejarah sebagai juara baru di Proliga 2022.

2 dari 5 halaman

Bandung BJB Tandamata, Juara Kembali Setelah 16 Tahun

Sejarah baru juga tercipta di voli putri. Setelah 16 tahun berlalu, akhirnya Bandung BJB Tandamata bisa kembali merasakan gelar juara Proliga. Kemenangan atas Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia dengan skor 3-1 (25-17, 25-19, 22-25, 25-18) pada Grand Final PLN Mobile Proliga 2022 telah melengkapi raihan 3 gelar tim Bank Jabar selama mengikuti ajang Proliga. Sebelumnya pernah meraih juara di tahun 2003 dan 2006.

Gelar juara PLN Mobile Proliga 2022 merupakan happy ending untuk Bandung BJB Tandamata. Pasalnya, mereka memulai kompetisi dengan hasil yang bisa disebut kurang memuaskan. Namun, performa tim perlahan terus meningkat dan mengejutkan tim-tim unggulan.

Di Grand Final, BJB tampil dominan dan unggul 2-0 berkat kemenangan pada set pertama (25-17) dan kedua (25-19). Pada set ketiga, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia bisa mencuri kemenangan (25-22). Pada set terakhir, Bandung BJB Tandamata meraih kemenangan dengan skor 25-18 dalam pertarungan selama 32 menit.

3 dari 5 halaman

Juara Ketiga PLN Mobile Proliga 2022

Pada kategori putra, Jakarta BNI46 berhasil merebut posisi ketiga setelah mengalahkan Jakarta Pertamina Pertamax dengan skor 3-1 (25-23, 25-23, 22-25, 25-23). Jakarta BNI 46 tampil apik sejak awal permainan. Mengandalkan dua pemain asing, Osmani Camejo dan Tozaki Takahiro. Tim berhasil unggul dua set pertama dan menyelesaikan pertandingan di set keempat dengan ketat 25-23.

Sementara itu, pada kategori putri, Jakarta Mandiri Popsivo Polwan berhasil menyegel peringkat ketiga setelah menang 3-1 (25-22, 13-25, 25-21 dan 25-22) atas Jakarta Pertamina Fastron. Kemenangan ini merupakan pelipur lara untuk Popsivo Polwan yang sejatinya menargetkan berlaga final Proliga 2022.

4 dari 5 halaman

Di Balik Kesuksesan PLN Mobile Proliga 2022

Ketua PBVSI Imam Sudjarwo melihat ajang PLN Mobile Proliga 2022 berhasil membuktikan di tengah pandemi, kompetisi bola voli paling bergengsi di Tanah Air ini mampu berjalan dengan sukses. Melihat antusiasme masyarakat, dia pun menilai semua pihak, dari klub, penyelenggara hingga para sponsor dapat dikatakan sebagai pemenang sesungguhnya.

“Terima kasih PLN yang sudah menjadi mitra penting PBVSI dalam gelaran ini. Juga pihak sponsor seperti Mikasa dan juga Emtek, yang tidak pernah berhenti mendukung kita agar kompetisi berjalan dengan lancar. Kita semua pemenang, hanya saja Bogor LaVanai dan Bandung BJB Tandamata mendapatkan lebih dibanding klub lainnya,” tutur dia.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi, sebagai salah satu mitra utama PBVSI dalam gelaran PLN Mobile Proliga 2022 memberikan selamat kepada tim putra Bogor Lavani dan tim putri BJB yang berhasil menjadi yang terbaik pada kesempatan kali ini. Dia pun berharap keberhasilan BJB dan Bogor Lavani dapat membawa momentum positif bagi persiapan tim nasional Indonesia menghadapi Sea Games di Vietnam yang akan berlangsung pada Mei 2022.

“PLN Mobile Proliga 2022 merupakan bagian pembinaan dari PLN untuk membuka kesempatan bagi para atlet voli untuk membuktikan kemampuannya di tingkat Nasional,” ujarnya.

Berikut ini adalah daftar lengkap peraih prestasi PLN Mobile Proliga 2022:

Kategori Putri

Juara Pertama : Bandung BJB Tandamata

Peringkat Kedua : Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

Peringkat Ketiga : Jakarta Mandiri Popsivo Polwan

Server Terbaik : Megawati, Jakarta Pertramina Fastron

Libero Terbaik : Yulis Indahyani, Bandung BJB Tandamata

Setter Terbaik : Pornpun Guedpard, Jakarta Mandiri Popsivo Polwan

Spiker Terbaik : Mediol Stiovany Yoku, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

Blocker Terbaik : Wilda Siti Nurfadhilah, Bandung BJB Tandamata

Top Scorer : Madeline Jazmin Guillen, Bandung BJB Tandamata

MVP/Pemain Terbaik : Nandita Ayu Salsabila, Bandung BJB Tandamata

Pelatih Terbaik : M. Alim Suseno

5 dari 5 halaman

Kategori Putra

Juara Pertama : Bogor Lavani

Peringkat Kedua : Surabaya Bhayangkara Samator

Peringkat Ketiga : Jakarta BNI 46

Server Terbaik : Farhan Halim, Jakarta Pertamina Pertamax

Libero Terbaik : Irpan, Bogor Lavani

Setter Terbaik : Nizar Zulfikar, Surabaya Bhayangkara Samator

Spiker Terbaik : Jorge Gonzales Garcia, Bogor Lavani

Blocker Terbaik : Osmany Camejo Durruthy, Jakarta BNI46

Top Scorer : Leandro Martins da Silva, Bogor Lavani

MVP/Pemain Terbaik : Doni Haryono, Bogor Lavani

Pelatih Terbaik : Jiang Jie, Bogor Lavani

Para pemain yang meraih gelar individu pada kategori putra maupun putri di ajang PLN Mobile Proliga 2022 diganjar hadiah uang pembinaan sebesar Rp 5 juta sedangkan MVP Rp 10 juta. Adapun untuk gelar juara Rp 200 juta, runner up Rp 100 juta, peringkat ketiga Rp 75 juta dan peringkat keempat Rp 50 juta.

Agung Murdifi mengatakan berakhirnya PLN Mobile Proliga 2022 bukanlah akhir dari perjuangan para pemain untuk mencetak prestasi. Selain Sea Games Vietnam, masih ada ajang Asian Games 2022 di China, maupun PLN Mobile Proliga edisi selanjutnya.

 

(*)

Video Populer

Foto Populer