Sukses


3 Klub Eropa yang Pemainnya Bakal Pindah ke Serie A

Jakarta Pamor Liga Italia Serie A menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir. Para pemain bintang Serie A kalah populer dibanding bntang yang ada di Liga Inggris atau di La Liga. 

Meski begitu, bukan berarti Serie A kehilangan daya tarik. Buktinya, dari sisi pendapatan dari hak siar, liga tertinggi di Italia itu berada di urutan kedua di Eropa setelah Liga Inggris.

Berdasarkan laporan European Club Footballing Landscape (UCFL) yang dilansir UEFA belum lama ini, Serie A memperoleh penghasilan sebesar 1 miliar euro kurun tahun 2016. Penghasilan rata-rata klub-klub Italia bahkan mengalahkan penghasilan klub-klub La Liga Spanyol dan Bundesliga Jerman.

Seiring dengan itu, banyak pemain dari klub-klub top Eropa yang ingin menjajal rumput Serie A. Sulitnya mendapatkan tempat bermain membuat mereka memilih Serie A sebagai tempat pelarian. Dua contoh teranyar adalah Theo Walcott yang menawarkan diri ke AC Milan, serta Daniel Sturridge yang ingin pindah ke Inter Milan atau AS Roma.

Liputan6.com merangkum tiga klub raksasa Eropa yang pemainnya pada ingin pindah ke klub Serie A. Berikut informasi selengkapnya.

Sumber Liputan6.com

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

1. Barcelona

Pemain Barcelona asal Spanyol, Aleix Vidal. (AFP/Lluis Gene)

Barcelona menjadi klub yang pemainnya paling sering dikaitkan dengan klub-klub Serie A. Berdasarkan informasi yang dihimpun dalam empat bulan terakhir, setidaknya ada lima pemain Blaugrana yang sering diberitakan bakal pindah ke Liga Italia, mulai dari Aleix Vidal, Sergi Roberto, Gerard Deulofeu, hingga Andres Iniesta.

Itu semua belum termasuk Rafinha, yang akhirnya benar-benar pindah ke Inter Milan. Gelandang berdarah Brasil itu resmi dipinjamkan kepada I Nerazzuri untuk enam bulan, dengan opsi transfer permanen seharga 35 juta euro di akhir musim.

Dari lima nama yang disebutkan di atas, Aleix Vidal dan Gerard Deulofeu paling berpeluang menyusul Rafinha. Keduanya semakin gencar diberitakan akan segera mendarat di Italia sebelum penutupan jendela transfer Januari ini.

Vidal, misalnya, dikabarkan selangkah lagi akan bergabung dengan AS Roma. Sementara Deulofeu, masih diperebutkan oleh Napoli, AS Roma, dan Inter Milan. Deulofeu sendiri berharap bisa kembali dipinjamkan ke AC Milan, seperti yang dialaminya musim lalu.

3 dari 4 halaman

2. Paris Saint-Germain

Javier Pastore (AFP/Franck Fife)

PSG juga tak jauh berbeda dari Barcelona. Kelebihan stok pemain hebat membuat banyak bintang mereka yang tertepikan ke bangku cadangan. Akibatnya, para pemain tersebut mulai berpikir untuk mencari klub baru agar bisa bermain reguler.

Apalagi, turnamen Piala Dunia 2018 sudah di depan mata. Terus-menerus menjadi cadangan membuat mereka terancam tidak disertakan ke dalam skuat tim nasional.

Yang menarik, dibanding ke Liga Inggris atau Liga Spanyol, pemain-pemain PSG yang ingin hengkang itu lebih memilih Serie A sebagai tujuan pelarian. Sebut saja Javier Pastore, yang ingin pindah ke Inter Milan. Gelandang Argentina itu bahkan sudah blak-blakan menyebut I Nerazzuri sebagai solusi yang tepat.

“Ada banyak pembahasan mengenai Inter dan jika saya harus pergi, saya akan senang hengkang ke sana. Itu terutama karena saya sangat mengenal Serie A dan istri saya juga orang Italia,” ujar Pastore kemarin, seperti dilansir Football Italia.

“Inter bisa jadi solusi, tapi saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Itu bukan keputusan yang mudah bagi saya maupun bagi klub. Kita lihat saja dalam beberapa hari ke depan. Semoga kesepakatan bisa dicapai,” tandas pemain 28 tahun itu.

Selain Pastore, ada beberapa lagi pemain PSG yang juga kerap dihubung-hubungkan dengan klub-klub Serie A. Antara lain Levin Kurzawa, Thomas Munier, Thiago Motta, Marco Verratti, Adrien Rabiot, Angel Di Maria, Lucas Moura, dan Edison Cavani.

4 dari 4 halaman

3. Manchester United

Matteo Darmian (AFP / OLI SCARFF)

Manchester United bisa dibilang klub Inggris yang paling sering berhubungan dengan klub-klub Serie A. Musim panas 2016 lalu, mereka memboyong Paul Pogba dari Juventus. Pemain Timnas Prancis itu menjadi pemain termahal saat itu dengan nilai transfer 105 juta euro.

Bukan hanya membeli, pemain-pemain MU sebaliknya juga sering diincar klub-klub Serie A. Dari 27 pemain yang tergabung dalam skuat Setan Merah, setidaknya ada tiga yang belakangan dikaitkan dengan tim-tim dari Liga Italia. Mereka adalah Daley Blind yang diminati Inter Milan, Marouane Fellaini yang digosipkan bakal bergabung dengan AS Roma, serta Matteo Darmian yang diperbutkan oleh Napoli, AS Roma, Juventus, dan Inter Milan.

Namun belakangan, menjelang penutupan bursa transfer Januari, rumor kepindahan mereka justru meredup. Belum ada negosiasi serius atau langkah konkret lainnya yang dilakukan klub-klub Serie A. MU sendiri juga masih keberatan melepas tiga pemain tersebut meskipun mereka jarang dimainkan.

(Abul Muamar)

  • Serie A adalah sebuah divisi tertinggi liga sepak bola di Italia
    Serie A adalah sebuah divisi tertinggi liga sepak bola di Italia
    Serie A adalah sebuah divisi tertinggi liga sepak bola di Italia

    Serie A

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer