Sukses


38 Tahun Lalu, Juventus Jadi yang Pertama Meraih 20 Scudetto

Bola.com, Jakarta - Giovanni Trapattoni adalah satu di antara pelatih tersukses di Italia. Sudah banyak klub top yang ditanganinya, termasuk di antaranya adalah Juventus periode 1976-1986.

Salah satu pencapaiannya yang paling berkesan adalah membawa Juventus merengkuh Scudetto Serie A mereka yang ke-20.

Trapattoni melakukan itu 38 tahun lalu, tepatnya pada musim 1981-1982. Waktu itu, dia membawa Juventus memenangi persaingan ketat melawan Fiorentina.

Juventus musim 1981-1982 itu diperkuat pemain-pemain seperti Dino Zoff, Claudio Gentile, Gaetano Scirea, Massimo Bonini, Liam Brady, Cesare Prandelli, Marco Tardelli, Paolo Rossi, hingga Roberto Bettega.

Saingan terberatnya adalah Fiorentina besutan Giancarlo De Sisti. Mereka diperkuat Pietro Vierchowod, Daniel Bertoni, Daniele Massaro, hingga kapten Giancarlo Antognoni.

Juventus finis dengan 46 poin dari 30 pertandingan. Juventus finis cuma dengan keunggulan satu poin atas Fiorentina di peringkat kedua.

Juventus memastikan diri jadi juara berkat kemenangan 1-0 atas tuan rumah Catanzaro di pekan penutup, pada 16 Mei 1982. Di markas Cagliari, Fiorentina cuma bisa meraih hasil imbang 0-0.

Gol tunggal Juventus pada laga itu dicetak Liam Brady dari titik penalti.

Waktu itu, Juventus pun menjadi tim Italia pertama dan satu-satunya sejauh ini yang meraih 20 Scudetto Serie A.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Skandal Calciopoli

Juventus sejauh ini sudah memiliki 35 titel juara Serie A. Itu tak termasuk dua Scudetto yang dilucuti sebagai buntut skandal Calciopoli 2006.

Meski begitu, pencapaian tersebut masih jauh di atas dua pesaingnya, AC Milan dan Inter Milan. AC Milan dan Inter saat ini sama-sama baru meraih 18 Scudetto.

AC Milan terakhir kali menjuarai Serie A pada musim 2010-2011. Sementara itu, Scudetto terakhir Inter adalah dari musim 2009-2010.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 18/5/2020)

Video Populer

Foto Populer