Sukses


9 Skill Tingkat Dewa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Siapa Paling Jos?

Bola.com, Jakarta - Membicarakan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bisa dibilang tak ada habisnya, terutama jika menyangkut rivalitas. Aroma persaingan keduanya hingga kini masih terus berlanjut.

Ronaldo dan Messi akan kembali bertemu di Liga Champions. Pada edisi 2020/2021, Juventus dan Barcelona berada di grup yang sama.

Kedua bintang tersebut dianggap sebagai pemain terbaik dunia dalam satu dekade terakhir. Hal itu bisa dibuktikan dengan raihan gelar individu seperti Ballon d'Or.

Messi menjadi pemain yang meraih gelar tersebut pada awal Desember tahun lalu. Penghargaan tersebut merupakan yang keenam buat Messi sekaligus mengungguli Cristiano Ronaldo.

Ronaldo baru meraih lima trofi Ballon d'Or. Raihan tersebut tentunya membuat banyak orang meyakini keduanya sebagai yang terbaik di dunia.

Di sisi lain, masih banyak penghargaan individu yang sudah diraih dua pemain tersebut. Bisa dibilang sulit untuk menyebutkan siapa yang terbaik di antara keduanya.

Penghargaan yang didapatkan Ronaldo dan Messi tersebut tentunya berkat performa apiknya di atas lapangan. Tak bisa dipungkiri, keduanya mempunyai kemampuan individu yang bagus.

Kira-kira skill individu siapa yang terbaik? Berikut ini Bola.com merangkumnya dari Sportbible, Minggu (16/2/2020), perbandingan kemampuan individu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dengan skala skor 1-10.

Video

2 dari 5 halaman

Mencetak gol, Sundulan, Dribel

1. Mencetak Gol

Dalam urusan mencetak gol, keduanya sama-sama memiliki kemampuan yang sangat bagus. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masing-masing sudah mengemas 625 dan 622 gol bersama klub.

Raihan yang tidak jauh berbeda. Wajar tentunya jika keduanya sama-sama mendapatkan skor sempurna, 10.

2. Sundulan

Dalam urusan sundulan, Cristiano Ronaldo lebih baik daripada Lionel Messi. Ronaldo mendapatkan nilai sembilan dalam hal sundulan.

Sedangkan, Messi hanya mendapatkan skor enam untuk kemampuan sundulan. Wajar tentunya jika Messi memeroleh nilai enam karena jarang mencetak gol melalui kepalanya.

Meski demikian, Messi pernah mencetak gol sensasional melalui sundulan pada final Liga Champions 2009 ke gawang Manchester United.

3. Dribel

Untuk urusan dribel, Ronaldo dan Messi memiliki kemampuan yang hampir sama. Namun, Messi sedikit lebih unggul ketimbang Ronaldo.

Tak jarang Messi memperlihatkan kemampuannya menggiring bola dari tengah lapangan dan melewati lawan-lawannya sebelum mencetak gol. Dalam urusan dribel Messi mendapatkan skor sempurna, 10.

Sedangkan Ronaldo hanya memeroleh nilai delapan.

3 dari 5 halaman

Passing, Tendangan Bebas, Penalti

4. Passing

Satu hal yang paling menonjol dalam diri Messi ialah visi bermain yang baik. Pemain asal Argentina itu memiliki visi bermain dengan mencari rekan satu timnya untuk diberi umpan.

Meski memiliki skill melewati lawan yang bagus, Messi kerap memberikan umpan terhadap rekan-rekannya. Kondisi tersebut membuat Messi dianggap lebih baik dalam urusan passing.

Lionel Messi pantas mendapat skor 10. Sedangkan Ronaldo hanya memeroleh delapan dari nilai sempurna 10.

5. Tendangan bebas

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi juga kerap mengandalkan tendangan bebas untuk mencetak gol. Kendati demikian, kemampuan kedua pemain mencetak gol melalui sepakan bebas tak sama bagusnya.

Messi dianggap sedikit lebih baik dari Ronaldo dalam urusan tendangan bebas. Pemain berjuluk La Pulga itu mendapatkan skor sembilan.

Sedangkan Cristiano Ronaldo memiliki nilai tendangan bebas delapan.

6. Penalti

Pengaruh besar yang diberikan Messi dan Ronaldo terhadap timnya, membuat kedua pemain kerap ditunjuk sebagai algojo tendangan penalti. Dalam urusan penalti, jelas Ronaldo lebih baik ketimbang Messi.

Cristiano Ronaldo mendapat skor sembilan dalam hal tendangan penalti. Sedangkan Messi hanya tujuh.

4 dari 5 halaman

Fisik, Permainan Tim, Kedisiplinan

7. Fisik

Secara postur tubuh, Cristiano Ronaldo bisa dibilang lebih baik daripada Lionel Messi. Ronaldo memiliki badan yang lebih tinggi.

Kondisi tersebut membuat Ronaldo mendapat nilai sempurna, 10. Sementara, Messi yang memiliki tubuh pendek hanya memeroleh skor tujuh.

Meski memiliki postur kecil, Messi tetap bisa bersaing dengan pemain lain yang lebih tinggi darinya.

8. Permainan Tim

Dalam urusan kerja sama tim, Lionel Messi dianggap lebih baik dari Ronaldo. Messi tampil luar biasa bersama Luis Suarez di lini depan Barcelona dalam beberapa musim terakhir.

Bahkan, kedua pemain tersebut sempat menjadi trio berbahaya saat masih ada Neymar. Untuk urusan kerja sama tim, Messi mendapatkan skor sembilan.

Sedangkan Ronaldo hanya memeroleh nilai tujuh.

9. Kedisiplinan

Lionel Messi memeroleh skor sembilan dalam urusan kedisiplinan. Perolehan tersebut tentunya bukan tanpa sebab, Messi jarang menunjukkan protes yang berlebihan saat berada di atas lapangan.

Sedangkan Ronaldo hanya mendapat nilai tujuh karena sering dianggap melakukan diving saat bermain.

5 dari 5 halaman

Skor Akhir

Dari sembilan kemampuan individu tersebut, skor akhir menunjukkan Lionel Messi sedikit lebih baik daripada Cristiano Ronaldo. Messi total mengumpulkan nilai 77 untuk kesembilan aspek tersebut.

Sedangkan Ronaldo total mendapatkan skor 76 dari poin sempurna 90. Itu artinya skill individu kedua pemain tersebut tidak jauh berbeda.

 

Sumber: Sportbible.

Video Populer

Foto Populer