Sukses


5 Rekor yang Siap Dipatahkan Cristiano Ronaldo Bersama Juventus di Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Superstar Juventus, Cristiano Ronaldo tidak diragukan lagi adalah salah satu pemain terhebat yang menghiasi sejarah Liga Champions.

Ronaldo, pemain pertama yang mencetak 100 gol dalam kompetisi dan juga mencetak gol untuk satu klub (Real Madrid). CR7 adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah Liga Champions dengan torehan 130 gol.

Di antara banyak rekor yang dipegang oleh maestro Portugal di Liga Champions, Cristiano Ronaldo memiliki gol terbanyak di babak sistem gugur (67). Ia merupakan satu-satunya pemain yang mencetak 10 gol Liga Champions untuk tiga klub berbeda.

Raksasa Italia Juventus membeli Cristiano Ronaldo pada musim panas 2018 dengan tujuan tunggal untuk menaklukkan Liga Champions, dan kapten Portugal itu tengah berjuang untuk mewujudkannnya.

Faktanya, Cristiano Ronaldo telah mencetak tujuh gol dari fase knockout Bianconeri di Liga Champions selama periode ini. Namun, Juventus belum berhasil melewati babak perempat final dalam dua kali edisi turnamen.

Cristiano Ronaldo membutuhkan 30 pertandingan untuk membuka akun golnya di Liga Champions setelah melakukan debutnya di kompetisi tersebut pada edisi kompetisi 2003-04.

Berikut ini rekor-rekor yang bisa dipecahkan Cristiano Ronaldo di pentas Liga Champions musim ini:

Video

2 dari 6 halaman

Mencetak gol dalam musim ke-15 berturut-turut di Liga Champions

Ronaldo mencetak dua gol dalam kemenangan 7-1 Manchester United atas AS Roma di leg kedua perempat final Liga Champions 2006-07. Sejak saat itu, CR7 telah mencetak 128 gol dalam 140 pertandingan berikutnya (14 musim berbeda dan untuk tiga klub berbeda).

Sebagai perbandingan, hanya tiga pemain - Raul (15), Karim Benzema (15) dan Lionel Messi (16) yang memiliki waktu lebih lama untuk mencetak gol di kompetisi tersebut.

3 dari 6 halaman

Mencetak gol melawan lawan berbeda ke-34 di Liga Champions

Dalam musim ke-17 di Liga Champions musim lalu, Cristiano Ronaldo mencetak gol saat Juventus meraup  kemenangan 3-0 atas Bayer Leverkusen. Ia tercatat telah menjebol 33 klub berbeda.

Legenda Real Madrid, Raul juga mencetak gol dengan jumlah sama melawan sebanyak mungkin lawan di kompetisi, sementara Lionel Messi telah menjebol 36 tim berbeda di ajang Liga Champions.

Di antara 50 klub berbeda yang dihadapi Cristiano Ronaldo di Liga Champions, hanya 17 tim yang mampu mencegah kapten Portugal itu mencetak gol.

Sayang, Ronaldo gagal menambah keran golnya karena ia terpaksa menepi dalam laga melawan Barcelona karena positif COVID-19. Menariknya, Barcelona tim yang belum pernah dibobol CR7 di pentas Liga Champions.

 

4 dari 6 halaman

Pemain paling banyak tampil di Liga Champions

Dengan 170 penampilan di kompetisi ini, Cristiano Ronaldo sudah menjadi pemain yang paling banyak tampil dalam sejarah Liga Champions.

Jika Juventus mencapai babak perempat final kompetisi edisi 2020-2021, Ronaldo, yang absen pada dua pertandingan awal Bianconeri di penyisihan grup, akan menjadi pemain dengan penampilan Liga Champions terbanyak.

Hanya mantan kiper Real Madrid, Iker Casillas (177) yang saat ini berada di depan Cristiano Ronaldo dalam daftar penampilan terbanyak di kompetisi. Legenda Barcelona, Xavi Hernandez (151) di tempat ketiga dengan jarak yang cukup jauh.

5 dari 6 halaman

Cetak hattrick kesembilan

Cristiano Ronaldo telah memecahkan banyak rekor pencetak gol di Liga Champions. Salah satunya adalah jumlah hattrick yang ia catat di kompetisi tersebut.

Dengan mencetak tiga gol melawan Atletico Madrid di leg kedua pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2018-19 Juventus tahun lalu, Cristiano Ronaldo tidak hanya mengungkit hattrick pertamanya untuk Bianconeri tetapi juga menyamai Lionel Messi (8) untuk pencapaian yang sama.

Dalam prosesnya, Cristiano Ronaldo menjadi pemain ke-11 (ketiga aktif) dalam sejarah Liga Champions yang mencetak hattrick untuk dua klub berbeda (Real Madrid-7, Juventus-1).

6 dari 6 halaman

Gelar juara keenam

Dengan memenangkan hattrick gelar Liga Champions dalam beberapa musim bersama Real Madrid pada 2017-18, Cristiano Ronaldo menjadi satu-satunya pemain pertama dalam sejarah kompetisi yang memenangkan lima trofi.

Ronaldo sudah menjadi satu-satunya pemain di Liga Champions yang mencetak gol di final untuk dua tim pemenang berbeda dan ia satu-satunya yang mencetak gol dalam tiga pertandingan perebutan gelar berbeda di kompetisi tersebut.

Jika Cristiano Ronaldo berhasil membantu mengakhiri kemarau panjang dua setengah dekade Juventus dalam kompetisi musim ini, pemain berusia 35 tahun itu akan menjadi pemain pertama yang memenangkan enam gelar Liga Champions dan menyamai Paco Gento ketika kompetisi itu memakai nama Piala Champions.

 

Video Populer

Foto Populer