Sukses


5 Alasan Juventus Bisa Menang atas Fiorentina: Mendominasi dan Mengejar Puncak Liga Italia

Bola.com, Jakarta - Juventus menghadapi Fiorentina dalam laga giornata 14 Serie A 2020/2021 di Allianz Stadium, Rabu (23/12/2020) dini hari WIB. Bermain di markas sendiri, Bianconeri mendapatkan banyak dukungan untuk mengamankan poin penuh dalam pertandingan nanti.

Ada sejumlah faktor mengapa Juventus diprediksi bisa meraih kemenangan atas Fiorentina. Pertama, rekor Si Nyonya Tua yang belum terkalahkan pada musim ini bakal menjadi motivasi tersendiri bagi Cristiano Ronaldo dkk. demi meneruskan tren positif tersebut.

Selain itu, Juventus juga diuntungkan oleh rekor yang cukup mentereng saat bersua Fiorentina, terutama dalam lima laga terakhir kedua tim.

Selama kurun waktu tersebut, Bianconeri berhasil merebut empat kemenangan dan hanya satu kali bermain imbang tanpa sekalipun mengalami kekalahan.

Peluang Juventus untuk menang makin terbuka dengan performa bagus Cristiano Ronaldo dalam beberapa waktu terakhir. Sejak kembali dari cedera, megabintang asal Portugal itu berhasil melesakkan tujuh gol dalam enam pertandingan.

Tidak hanya itu dari kubu Fiorentina, mereka kini sedang goyah setelah delapan laga di Serie A berakhir tanpa kemenangan. Akibatnya, Il Viola kini menempati peringkat ke-16 dalam klasemen sementara Serie A dengan 11 poin atau hanya berjarak empat angka saja dari zona degradasi.

Video

2 dari 6 halaman

Juventus Belum Kalah di Serie A Musim Ini

Juventus kembali melanjutkan dominasinya di Serie A musim ini. Meski bersaing ketat dengan AC Milan dan Inter Milan, Bianconeri tercatat belum menderita kekalahan.

Dari 13 laga yang sudah dimainkan, Juventus meraih tujuh kemenangan dan enam kali bermain imbang. Catatan positif itu pun berpotensi berlanjut saat menghadapi Fiorentina.

Selain performa Fiorentina sedang tidak bagus di Serie A, Juventus juga didukung hasil apik dalam lima pertemuan terakhir dengan Il Viola. Dari lima laga terakhir, tim asuhan Andrea Pirlo itu berhasil merebut empat kemenangan dan satu kali bermain imbang.

3 dari 6 halaman

8 Laga Beruntun, Fiorentina Tanpa Kemenangan

Fiorentina dalam tren yang tidak baik di pentas kompetisi lokal. Tim asuhan Cesare Prandelli itu tidak sanggup meraih kemenangan dalam delapan laga beruntun di Serie A.

Hasil buruk tersebut membuat peringkat Fiorentina di papan klasemen menjadi anjlok. Tim asal Firenze itu terpuruk di posisi 16 atau hanya berjarak dua posisi dari zona degradasi.

Torehan minor Fiorentina pun sepertinya akan berlanjut saat bertemu Juventus pada dini hari nanti. Bianconeri tengah dalam performa bagus dan tentu tidak mau tergelincir agar bisa terus berpacu memperebutkan posisi pertama dengan AC Milan dan Inter Milan.

4 dari 6 halaman

Juventus Mendominasi

Alasan berikutnya mengapa Juventus bisa memenangi pertandingan ini adalah catatan pertemuan kedua tim dalam tiga musim terakhir. Selama kurun waktu tersebut, dari lima laga, Juventus berhasil meraih empat kemenangan dan satu kali imbang.

Kemenangan terakhir Fiorentina atas Juventus terjadi pada 16 Januari 2017, atau hampir empat tahun lalu. Ketika itu, Fiorentina menang dengan skor 2-1.

Namun, setelah itu, Juventus mendominasi rekor pertemuan. Catatannya hanya lima kali menang dan satu kali bermain imbang.

5 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo Bersemangat

Nama megabintang Portugal ini memang semakin melekat dengan tim hitam putih dari Turin. Ronaldo menjadi pemain kunci Bianconeri dalam beberapa musim terakhir.

Terkadang hasil akhir Juventus bisa sangat bergantung dengan performa mantan pemain Manchester United dan Real Madrid itu. Bila Cristiano Ronaldo sedang tampil bagus dan berhasil mencetak gol, Juventus hampir selalu bisa memenangkan pertandingan.

Buktinya ada di enam laga terakhir. Cristiano Ronaldo berhasil mencatatkan tujuh gol dari enam pertandingan.

6 dari 6 halaman

Juventus Butuh Kemenangan demi Kejar Duo Milan

Ini menjadi alasan paling krusial mengapa Juventus harus memenangkan pertandingan melawan Fiorentina. Jika mengacu ke klasemen sementara Serie A, Si Nyonya Tua ada di posisi ketiga dengan terpaut empat angka dari AC Milan dan tiga poin dari Inter Milan.

Dengan jarak poin yang sangat tipis itu, maka Juventus wajib mengamankan angka penuh dalam laga melawan Fiorentina. Jika gagal, bukan hanya berpotensi makin menjauh dengan duo Milan, tapi posisi Juventus di tiga besar bisa terancam oleh AS Roma dan Napoli.

Alvaro Morata dan kawan-kawan dipastikan bakal tampil dengan motivasi lebih. Apalagi ini menjadi laga penutup Juventus pada tahun ini sebelum Serie A diliburkan selama dua pekan untuk menyambut Natal dan Tahun Baru.

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Gia Yuda Pradana, published 22/12/2020)

Video Populer

Foto Populer