Sukses


Sejarah Pertemuan Real Madrid Vs Liverpool di Liga Champions: Anfield Pernah Jadi Saksi Pembantaian

Bola.com, Jakarta - Hasil drawing perempat final Liga Champions 2020/2021 mempertemukan Real Madrid dengan Liverpool. Pertandingan ini bakal jadi pertemuan dua ikon masing-masing klub, Sergio Ramos dan Mohamed Salah.

Real Madrid dan Liverpool terakhir kali bertemu di pentas Eropa pada final Liga Champions 2017/2018. Los Blancos menang 3-1 pada duel tersebut berkat dua gol spektakuler Gareth Bale.

Keduanya juga menjadi tim sukses di Eropa, setidaknya jika dilihat dari raihan trofi Liga Champions. Liverpool mengoleksi enam trofi, sementara Real Madrid telah mengamankan 13 gelar.

Menariknya, meski Liverpool dan Real Madrid dianggap 'tim sarat tradisi' di Liga Champions, keduanya sangat jarang bertemu. Mereka baru enam kali saja bersua, di mana dua di antaranya pada partai final.

Kali ini Bola.com mengajak Anda menyusuri kembali momen-momen pertemuan Real Madrid dan Liverpool di Liga Champions.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 7 halaman

Liverpool 1-0 Real Madrid (1981)

Liverpool pertama kali bertemu dengan Real Madrid pada final Piala Eropa 1981. Pertandingan berlangsung di markas Paris Saint-Germain, Parc des Princes.

Alan Kennedy mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan itu delapan menit sebelum laga berakhir dan The Reds menang 1-0 untuk menjadi juara Eropa untuk ketiga kalinya dalam lima musim.

Real Madrid hari itu masih dibela oleh Vicente del Bosque. Adapun Liverpool penuh dengan nama-nama seperti Kenny Dalglish, Graeme Souness dan Alan Hansen.

3 dari 7 halaman

Real Madrid 0-1 Liverpool (2009)

Keduanya kemudian bertemu 28 tahun kemudian di babak 16 besar Liga Champions pada 2009, saat tim asuhan Rafa Benitez meraih kemenangan tipis 1-0 di Bernabeu pada leg pertama.

Yossi Benayoun adalah pencetak gol hari itu, dengan sundulan dari tendangan bebas Fabio Aurelio. Liverpool tampak nyaman sepanjang pertandingan, memaksa Real Madrid melepaskan tendangan jarak jauh.

4 dari 7 halaman

Liverpool 4-0 Real Madrid (2009)

Setelah leg pertama di Santiago Bernabeu yang dimenangi Liverpool dengan skor 1-0, Anfield menjadi saksi pembantaian 4-0 pada leg kedua melawan Real Madrid.

Fernando Torres adalah bintang pertunjukan hari itu. Ia mencetak gol pembuka melawan musuh lamanya. Lalu Steven Gerrard menambahkan dua gol dan pemain pengganti Andrea Dossena menambahkan gol keempat, yang juga merupakan gol pertamanya untuk The Reds.

Pasukan Rafael Benitez 'mengungguli' Los Blancos selama pertandingan tersebut tetapi kemudian tersingkir di perempat final oleh rival domestik mereka, Chelsea.

5 dari 7 halaman

Liverpool 0-3 Real Madrid (2014)

Lima tahun kemudian, mantan pemain Manchester United Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol untuk Real Madrid saat mereka menang 3-0 di Anfield. Ini sekaligus momen pembalasan atas apa yang terjadi lima tahun sebelumnya di tempat yang sama.

Karim Benzema juga mencetak gol, mencetak gol kedua dan ketiga Real pada malam itu. Ini adalah pertama kalinya Liverpool tertinggal tiga gol pada babak pertama di Anfield.

Mario Balotelli banyak dikritik karena penampilannya pada malam itu dan menimbulkan kemarahan beberapa pendukung ketika dia bertukar kaos dengan Pepe di babak pertama. Ia digantikan saat istirahat oleh Adam Lallana.

6 dari 7 halaman

Real Madrid 1-0 Liverpool (2014)

Masih pada musim yang sama, Real Madrid kembali menjadi momok buat Liverpool. Setelah kemenangan 3-0 di Anfield pada leg pertama, Los Blancos mengulang kemenangan, namun dengan skor 1-0.

Karim Benzema mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut di pertandingan kedua hanya dengan waktu kurang dari setengah jam.

Brendan Rodgers, bos Liverpool pada saat itu membuat tujuh perubahan pada tim yang pernah menghadapi Newcastle United di Liga Inggris akhir pekan sebelumnya dengan membangkucadangkan Steven Gerrard, Raheem Sterling, Jordan Henderson dan Philippe Coutinho.

Liverpool menunjukkan usaha yang lebih menyerang di babak kedua tetapi gagal menyamakan kedudukan.

7 dari 7 halaman

Liverpool 1-3 Real Madrid (2018)

Sekitar 37 tahun pasca pertemuan pertama, Real Madrid akhirnya membalas dendam kepada Liverpool atas kekalahan final Liga Champions (dulu masih bernama Piala Champions).

Keduanya bertemu di Kiev pada final Liga Champions 2018, di mana Liverpool asuhan Jurgen Klopp mengalami kekalahan yang memilukan. Gareth Bale mencetak dua gol spektakuler ke gawang Loris Karius yang bermain buruk malam itu.

Video Populer

Foto Populer