Sukses


5 Pemain Real Madrid Paling Moncer saat Jungkalkan Liverpool di Final Liga Champions: Thibaut Courtois Sempurna

Bola.com, Jakarta Real Madrid berhasil membungkam Liverpool pada laga final Liga Champions musim ini. Kemenangan yang diraih Madrid atas The Reds tak lepas dari performa moncer Thibaut Courtois di bawah mistar gawang.

Duel El Real versus Liverpool di Stade de France, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB, sempat tertunda selama 36 menit. Laga terpaksa molor akibat adanya kekisruhan di luar stadion.

Real Madrid akhirnya menjadi juara setelah menang 1-0 atas The Reds. Gol tunggal kemenangan Madrid disarangkan Vinicius Junior pada menit ke-59.

Berkat hasil tersebut, Los Blancos berhak atas trofi juara Liga Champions musim ini. Madrid juga mempertegas statusnya sebagai raja di turnamen tersebut dengan mengoleksi 14 titel juara atau La Decimocuarta.

Sebelumnya, Los Blancos sukses mengangkat trofi Si Kuping Besar pada musim 1955/1956, 1956/1957, 1957/1958, 1958/1959, 1959/1960, 1965/1966, 1997/1998, 1999/2000, 2001/2002, 2013/2014, 2015/2016, 2016/2017, dan 2017/2018.

Lantas, siapa saja pemain Real Madrid yang tampil gemilang dalam duel melawan Liverpool di final Liga Champions? Berikut ini adalah ulasannya.

 

2 dari 6 halaman

Federico Valverde

Valverde harus mendapat apresiasi atas kerja keras yang dilakukan. Valverde selalu ada dalam setiap momen penting Real Madrid, baik bertahan maupun menyerang. Dia punya energi yang luar biasa.

Valverde memberi assist untuk gol yang dicetak Vinicius. Tapi, bukan hanya itu kontribusinya. Valverde juga punya dua shots, dua sapuan, dua tekel, dan sekali melakukan intersep.

Valverde juga melakukan empat dribel sepanjang laga (2 sukses). Sungguh, performa yang bagus dari pemain asal Uruguay.

 

3 dari 6 halaman

Karim Benzema

Benzema tidak mencetak gol pada laga final. Tapi, bukan berarti Benzema tampil buruk. Benzema memainkan peran yang sangat penting di atas lapangan dan bermain sebagai sebuah tim.

Benzema sempat mencetak gol pada akhir babak pertama, tetapi dianulir wasit karena offside. Sebelum gol offside, dia sebenarnya bisa mencetak gol tapi kehilangan momen untuk menendang bola.

Benzema bukan hanya menjadi tumpuan di lini depan. Dia juga melakukan tugas bertahan dengan baik. Benzema melakukan tiga kali sapuan bola, hanya kalah banyak dari bek Eder Militao.

 

4 dari 6 halaman

Eder Militao

Selain Courtois, Militao juga tampil luar biasa di lini belakang. Militao sangat solid dan sulit ditembus, bahkan ketika Liverpool mengganti komposisi lini depan pada babak kedua.

Militao adalah pemain yang paling sering melakukan sapuan di kubu Madrid, delapan kali. Militao juga melakukan tiga intersep dan dua tekel. Militao sangat tangguh dalam duel-duel bola udara.

Satu hal yang unik dari Militao adalah dia tercatat melakukan 61 umpan, hanya kalah dari Toni Kroos dibanding pemain Madrid lain.

 

5 dari 6 halaman

Vinicius Junior

Vinicius sangat kesulitan pada babak pertama. Dia beberapa kali punya opsi untuk melakukan serangan balik. Tapi, pemain asal Brasil kesulitan melewati Konate dalam duel satu lawan satu.

Tapi, pada akhirnya Vinicius datang pada momen yang tepat dan mencetak gol penentu kemenangan Real Madrid. Dia lepas dari posisi offside saat menerima bola tendangan Valverde.

Sepanjang laga, Vinicius hanya mampu melepas satu shot. Tapi, peluang itu yang menjadi gol.

 

6 dari 6 halaman

Thibaut Courtois

UEFA menobatkan Courtois sebagai Man of the Match final Liga Champions. Gelar yang sangat layak didapatkan kiper asal Belgia itu. Courtois bermain sangat bagus dan membuat frustrasi para pemain lawan.

Courtois menepis tendangan keras Sadio Mane pada menit ke-21. Pada babak kedua, Mohamed Salah dibuat frustrasi oleh aksi-aksi brilian eks kiper Chelsea itu. Total, Courtois membuat sembilan penyelamatan.

Gelar juara Liga Champions 2021/2022 yang hanya mungkin diraih Madrid jika kipernya Courtois. Jika tidak, mungkin situasinya bakal berbeda.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin/Published: 29/05/2022)

Video Populer

Foto Populer