Sukses


Terbaik dan Terburuk pada Laga Liverpool Vs Real Madrid: Thibaut Courtois Bikin Mohamed Salah Mati Kutu

Bola.com, Paris - Real Madrid sukses menjuarai Liga Champions musim ini setelah membungkam Liverpool pada partai final, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Kiper El Real, Thibaut Courtois, tampil moncer dalam duel tersebut.

Dalam pertandingan yang digelar di Stade de France, Paris, Real Madrid tampil di bawah tekanan sepanjang 2x45 menit. Meski terus ditekan, Los Blancos bermain jauh lebih efektif.

Real Madrid tercatat hanya mampu melepas tiga tembakan yang satu di antaranya tepat sasaran. Di sisi lain, Liverpool memperoleh sembilan peluang bagus dari 23 kesempatan.

El Real yang kerap mengandalkan serangan balik berhasil membobol gawang Liverpool lewat aksi Vinicius Junior pada menit ke-59. Sampai laga berakhir, skor 1-0 untuk kemenangan Madrid tetap bertahan.

Lantas, bagaimana kinerja individu para pemain pada duel Liverpool versus Real Madrid? Siapa pemain terbaik dan terburuk? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

2 dari 11 halaman

Terbaik: Thibaut Courtois

Courtois layak dinobatkan sebagai pemain terbaik untuk laga final ini. Kiper asal Belgia itu menjadi tembok kokoh di depan gawang Real Madrid dengan melakukan sembilan kali penyelamatan.

Hebatnya, hampir semua penyelamatan yang dilakukan Courtois dilakukan dengan cara spektakuler, termasuk ketika menepis tembakan Sadio Mane dan Mohamed Salah.

 

3 dari 11 halaman

Terburuk: Trent Alexander-Arnold

Alexander-Arnold boleh saja kerap membantu serangan Liverpool dengan melakukan penetrasi berbahaya dan mengirim umpan silang ke kotak penalti lawan.

Sayang, Alexander-Arnold juga bisa dibilang menjadi sosok yang harus disalahkan atas gol yang masuk ke gawang timnya. Ia tak memperhatikan gerakan Vinicius karena memilih untuk mendekat ke Karim Benzema.

 

4 dari 11 halaman

Terbaik: Dani Carvajal

Dani Carvajal bermain luar biasa solid di sisi kanan pertahanan Real Madrid. Ia bisa dibilang sukses mematikan pergerakan Luis Diaz.

Tak hanya itu, Carvajal juga memberikan kontribusi maksimal ketika membantu timnya kala melakukan serangan dari sisi sayap kanan.

 

5 dari 11 halaman

Terburuk: Virgil van Dijk

Entah ada apa dengan penampilan Virgil van Dijk kali ini. Bek asal Belanda itu bermain tak seperti biasanya ketika ia selalu tampil sigap di lini belakang.

Van Dijk pun juga menjadi sosok yang patut disalahkan dalam proses terjadinya gol Vinicius ketika ia tak bisa mengantisipasi crossing Federico Valverde.

 

6 dari 11 halaman

Terbaik: Eder Militao

Eder Militao mampu menjadi palang pintu yang kokoh di lini belakang Real Madrid. Bek asa Brasil itu berkali-kali membuat Mane kesulitan membongkar pertahanan lawan.

Sepanjang pertandingan, Militao tercatat empat kali melakukan clearence, tiga kali intersep, dua kali tekel, dan dua kali membendung tembakan lawan.

Tak hanya itu, Militao juga mencatatkan rekor 100 persen dalam memenangi duel dengan pemain lawan, baik dalam duel udara maupun duel lapangan.

 

7 dari 11 halaman

Terburuk: Thiago Alcantara

Kondisi kebugaran Thiago sempat menjadi perhatian sesaat sebelum kick-off. Pada akhirnya, Jurgen Klopp tetap menurunkan sang gelandang sebagai starter.

Thiago sebenarnya mencatat akurasi umpan mencapai 94 persen, akan tetapi umpan yang ia kirimkan tak ada yang sesuai dengan kebutuhan Liverpool untuk membongkar pertahanan lawan.

 

8 dari 11 halaman

Terbaik: Ibrahima Konate

Kekalahan ini merupakan yang pertama kali diderita Liverpool ketika Ibrahima Konate bermain. Terlepas dari fakta tersebut, Konate sebenarnya bermain impresif.

Konate tercatat tiga kali melakukan tekel dan mencatat rekor 100 persen dalam melakukan dribble sukses.

 

9 dari 11 halaman

Terburuk: Mohamed Salah

Salah memang menjadi pemain Liverpool yang paling membahayakan pertahanan Real Madrid. Namun, yang menjadi sorotan adalah penyelesaian akhirnya.

Dari sembilan tembakan yang ia lesatkan, enam di antaranya tepat sasaran. Namun, seluruhnya bisa dimentahkan oleh Courtois yang tampil fantastis.

 

10 dari 11 halaman

Terbaik: Federico Valverde

Taktik menarik dari Carlo Ancelotti di Real Madrid musim ini adalah dengan menempatkan Federico Valverde sebagai penyerang sayap kanan dengan karakter lebih bertahan.

Taktik ini sekali lagi berbuah sukses. Gaya ngotot Valverde kerap membuat sisi kiri Liverpool kewalahan dan frustrasi. Ia melengkapi penampilan apiknya dengan satu assist untuk gol Vinicius.

 

11 dari 11 halaman

Terburuk: Sadio Mane

Sadio Mane sempat memperoleh peluang emas untuk membawa Liverpool unggul di babak pertama. Sayang, tembakannya masih digagalkan tiang gawang.

Selebihnya, nyaris tak ada aksi berbahaya yang dilakukan Mane di lini depan untuk mencetak gol bagi timnya.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga/Published: 29/5/2022)

Video Populer

Foto Populer