Sukses


10 Striker yang Harganya Mahal Walau Usia Sudah 30 Tahun Lebih, Lewandowski Posisi Berapa Ya?

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer pemain di Eropa masih berlangsung sengit. Klub-klub besar saling jegal berlomba menggaet pemain incarannya, seperti yang dilakukan Barcelona.

Barcelona sukses mendaratkan bintang Bayern Munchen, Robert Lewandowski. Striker mematikan berdarah Polandia itu akhirnya jatuh ke pelukan tim Catalan dengan harga fantastis.

Blaugrana harus merogoh koceknya hingga 40,5 juta poundsterling demi mendatangkan Lewandowksi. Padahal jika melihat usianya, eks pemain Borussia Dortmund tersebut tidak lagi muda, yaitu 33 tahun.

Selain Barcelona, tim lain yang sukses menggaet pemain depan dengan harga tinggi adalah Manchester City yang berhasil mendapatkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund. Sementara Liverpool juga merekrut Darwin Nunez dari Benfica.

Beda kasus dengan Lewandowski, karena Haaland dan Nunez masih tergolong pemain muda. Kira-kira siaa saja pemain dengan usia lebih dari 30 tahun yang memiliki harga tinggi. Berikut daftarnya.

2 dari 11 halaman

Nikola Kalinic

Musim panas 2017 Nikola Kalinic pindah ke AC Milan dari Fiorentina dengan status pinjaman. Rossoneri kemudian menebus Kalinic yang kala itu berusia 31 tahun dengan bandrol 20,25 juta pounds.

Sayangya, performa yang ditunjukkan striker asal Kroasia itu tidak sebanding dengan uang yang harus dikeluarkan Milan. Selama berada di San Siro, Kalinic hanya mampu mencetak enam gol dari 41 penampilannya dalam semua ajang.

Setelah gagal bersinar, Rossoneri menjual Kalinic ke Atletico Madrid pada tahun 2018. Kalinic sekarang bermain dengan klub masa kecilnya Hajduk Split.

3 dari 11 halaman

Marko Arnautovic

Marko Arnautovic tampil cukup bagus selama dua tahun di West Ham. Striker asal Austria tersebut mampu mencetak 22 gol dari 65 pertandingan bersama The Hammers.

Penampilan apik Arnautovic menarik perhatian klub Liga Super China Shanghai Port. Mereka kemudian merekrut sang pemain yang kala itu berusia 30 tahun dengan biaya 22,5 juta pounds.

Arnautovic menghabiskan tiga musim bersama Shanghai Port. Dia mencetak 20 gol dari 39 pertandingan sebelum kembali ke Italia bersama Bologna pada 2021.

4 dari 11 halaman

Samuel Eto'o

Anzhi Makhachkala mendatangkan Samuel Eto'o pada tahun 2011. Anzhi merekrut Eto'o yang kala itu berusia 30 tahun dari Inter Milan seharga 24,3 juta pounds.

Eto'o menjadi pemain dengan gaji tertinggi di dunia saat bergabung dengan Anzhi. Dia mendapat gaji 20 juta euro per musim.

Mantan pemain Barcelona itu membayarnya dengan mencetak 36 gol dari 73 pertandingan. Eto'o meninggalkan Rusia pada 2013 dengan bergabung Chelsea.

5 dari 11 halaman

Diego Milito

Diego Milito merupakan salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Inter Milan. Dia datangkan dari Genoa saat berusia 30 tahun dengan biaya 25,2 juta pounds.

Milito menikmati musim pertama yang mengesankan di di bawah Jose Mourinho. Pemain asal Argentina tersebut mencetak 30 gol dalam 52 pertandingan di semua kompetisi.

Tak hanya itu saja, Milito juga membantu Nerazzurri meraih treble winners. Setelah lima musim di Giuseppe Meazza, Milito kembali ke Argentina dengan memperkuat Racing Club.

6 dari 11 halaman

Anthony Modeste

Anthony Modeste menjadi salah satu pemain kunci FC Koln pada musim 2016/17. Striker asal Prancis tersebut sukses mencetak 27 gol dari 37 penampilan.

Modeste kemudian menjadi target dari salah satu klub Liga Super China. Dia akhirnya pindah ke Tianjin Quanjian dengan biaya 26,1 juta pounds pada usia 30 tahun.

Modeste berhasil mencetak 16 gol dari 29 pertandingan untuk Tianjin Quanjian. Setelah dua tahun bermain di China, Modeste kembali bergabung bersama FC Koln.

7 dari 11 halaman

Chris Wood

Newcastle memboyong Chris Wood dari Burnley dengan banderol 27 juta poundsterling. Dia pun menjadi rekrutan kedua The Magpies di bursa transfer Januari 2022.

Pemain berusia 30 tahun tersebut disodorkan kontrak dengan durasi selama 2,5 tahun. Akan tetapi, karier Wood di St James' Park sejauh ini masih belum begitu bagus.

Wood mendapat kesempatan bermain yang cukup banyak dari manajer Eddie Howe. Namun, dia hanya mencetak dua gol dari 17 pertandingan untuk Newcastle.

8 dari 11 halaman

Sadio Mane

adio Mane telah membuktikan kehebatannya ketika bermain bersama Liverpool. Dia merupakan pemain andalan Jurgen Klopp di lini depan The Reds.

Di usianya yang ke-30 tahun, Mane memutuskan untuk mencari tantangan baru. Dia hengkang ke Bayern Munchen pada musim panas ini.

Mane pindah ke Allianz Arena dengan biaya transfer sebesar 28,8 juta pounds. Dia dikontrak Die Roten sampai tahun 2025 mendatang.

9 dari 11 halaman

Gabriel Batistuta

Gabriel Batistuta dikenal sebagai penyerang yang ganas di kotak penalti lawan. Tak heran jika dia diminati banyak klub termasuk AS Roma.

Pada tahun 2000, Roma membeli Batistuta dari Fiorentina dengan harga 32,5 juta euro. Kala itu umurnya sudah mencapai 31 tahun.

Batistuta menyumbang 33 gol dari 87 pertandingan untuk Roma. Dia juga membantu Giallorossi meraih gelar Serie A pada 2000/01.

10 dari 11 halaman

Robert Lewandowski

Robert Lewandowski merupakan salah satu pemain terbaik dalam urusan mencetak gol. Meski sudah berusia 33, Lewandowski masih memiliki penampilan yang sangat luar biasa bersama Bayern Munchen musim lalu.

Lewandowski memutuskan untuk mengakhiri tugasnya bersama Bayern setelah delapan tahun mengabdi pada musim panas ini. Dia kemudian melanjutkan kariernya bersama Barcelona.

Striker asal Polandia tersebut pindah ke Barcelona dengan biaya transfer sebesar 40,5 juta pounds. Dia menandatangani kontrak di Camp Nou sampai 30 Juni 2027.

11 dari 11 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. Walau sudah berusia 37 tahun, bintang Portugal tersebut masih menunjukkan performa yang sangat luar biasa.

Ronaldo mampu mencetak 24 gol untuk Manchester United pada musim lalu. Sayangnya, dia tak berhasil membawa Setan Merah meraih juara dan mendapat tiket ke Liga Champions musim depan.

Pada 2018 lalu, Ronaldo berhasil memecahkan rekor sebagai striker veteran termahal. Kala itu Juventus membeli Ronaldo dari Real Madrid dengan harga 105,3 juta euro pada usia 33 tahun.

Sumber: Sportsmole

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 22/7/2022)

Video Populer

Foto Populer