Sukses


10 Klub Sepak Bola Eropa Paling Populer: Barcelona di Puncak, MU di Posisi Berapa?

Bola.com, Jakarta - Sebuah studi dilakukan terhadap lebih dari 2.000 penggemar sepak bola di dunia mengenai siapa tim paling populer di Eropa. Meski tergolong klub yang tengah berjuang lepas dari kesulitan finansial, Barcelona tetap menjadi yang paling populer di Indonesia.

Dilakukan oleh Footballco dan FUSE, studi tersebut melibatkan 2.235 partisipan dari 11 negara berbeda, mulai dari Inggris, Prancis, Amerika Serikat, Jerman, Italia, dan Spanyol. Begitu pun Meksiko, Brasil, Argentina, Korea Selatan, dan Jepang.

Studi tersebut sebenarnya dilakukan untuk melihat mana tim sepak bola putra maupun putri yang populer di Eropa. Menariknya, tidak banyak perbedaan bagi para penggemar itu saat melihat tim putra dan putri sebagai yang paling populer, di mana Barcelona berada di puncak.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Barcelona Paling Populer

Dari studi tersebut, terbukti bahwa Barcelona menjadi klub yang paling populer. Sebanyak 26 persen responden menjawab Barcelona sebagai yang paling populer. Bahkan begitu pun di kategori sepak bola putri.

Barcelona memang memiliki kejayaan pada masa lalu, tapi itu pula yang membuat mereka masih populer hingga saat ini. Bintang-bintang seperti Lionel Messi, Neymar, Diego Maradona, Luis Figo, Ronaldo, Rivaldo, Ronaldinho, dan Samuel Eto'o dikenal luas karena performa luar biasa bersama Barcelona.

Faktanya banyak yang melihat Barcelona asuhan Pep Guardiola pada akhir 2000-an, yang memiliki pemain hebat macam Lionel Messi, Xavi, Andres Iniesta, Carles Puyol, dan Gerard Pique, sebagai yang terhebat sepanjang masa.

 

3 dari 5 halaman

Real Madrid di Posisi Kedua

Seperti halnya Barcelona, Real Madrid juga ada di posisi kedua untuk tim putra maupun tim putri. Bicara tim putra, persentase pemilihnya mencapai 25 persen.

Klub ibu kota Spanyol itu memang memiliki begitu banyak penggemar karena keberanian mereka mendatangkan pemain bintang sepanjang sejarah klub, termasuk ketika mendatangkan banyak pemain bintang yang membuat mereka dijuluki Los Galacticos pada awal 2000-an.

Seperti dilansir dari Give Me Sports, berikut daftar 10 tim sepak bola putra paling populer di Eropa:

 

 
4 dari 5 halaman

10 Besar Klub Sepak Bola Pria Paling Populer

10 Besar Tim Putra Paling Populer

1. Barcelona 26 persen

2. Real Madrid 25 persen

3. Manchester United 18 persen

4. Manchester City 17 persen

5. Paris Saint-Germain 17 persen

6. Liverpool 16 persen

7. Bayern Munchen 14 persen

8. Juventus 13 persen

9. Chelsea 11 persen

10. Atletico Madrid 10 persen

 

5 dari 5 halaman

10 Besar Tim Putri Paling Populer

1. Barcelona 17 persen

2. Real Madrid 16 persen

3. Paris Saint-Germain 11 persen

4. Chelsea 11 persen

5. Manchester United 10 persen

6. Manchester City 9 persen

7. Juventus 8 persen

8. Bayern Munchen 8 persen

9. Arsenal 7 persen

10. Olympique Lyon 5 persen

 

Video Populer

Foto Populer