Sukses


Al-Nassr, Klub Anyar Cristiano Ronaldo: Tajir Melintir dan Punya Segudang Prestasi

Bola.com, Jakarta - Sepak bola dunia dibuat gempar pada pengujung tahun 2022. Cristiano Ronaldo secara resmi bergabung dengan klub raksasa Arab Saudi, Al-Nassr. Pihak klub mengumumkan transfer bintang asal Portugal itu melalui akun resmi Instagram mereka, Sabtu (31/12/2022) dini hari WIB.

“Ini lebih dari pembuatan sejarah. Ini adalah penandatanganan yang tidak hanya akan menginspirasi klub kami untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar tetapi juga menginspirasi liga kami, bangsa kami dan generasi masa depan. Selamat datang @cristiano di rumah barumu @alnassr_fc,” demikian bunyi pengumuman Al-Nassr.

Pihak Al-Nassr memasang foto Cristiano Ronaldo dengan petinggi klub saat pengumumannya. Ronaldo juga memperlihatkan seragam klub barunya lengkap dengan nomor tujuh yang identik dengan kariernya selama ini.

Eks bintang Real Madrid dan Juventus itu disodori kontrak selama 2,5 musim, terhitun sejak Januari 2023. Sementara gaji yang akan didapatkannya di Al-Nassr ditaksir mencapai angka 200 juta Euro atau setara Rp3,3 triliun per tahunnya.

Sebelum melihat kiprah Cristiano Ronaldo dengan klub barunya tersebut, tidak ada salahnya berkenalan dengan Al-Nassr yang bakal menjadi klub kuat dari Arab Saudi.

2 dari 5 halaman

Klub Kaya Raya

Al-Nassr merupakan klub asal Arab Saudi yang berbasis di Riyadh. Klub ini dibentuk pada 1955. Al-Nassr memainkan pertandingan kandangnya di Stadiion Mrsool Park.

Almarhum pangeran Saudi, Abdul Rahman bin Saud Al Saud mengambil alih klub pada tahun 1960. Ia mendanai dan membesarkan Al-Nassr dari saat masih merupakan tim amatir hingga merengkuh banyak kesuksesan,

Abdul Rahman bin Saud Al Saud meninggal pada 2004 tetapi klub terus menerima dukungan keuangan dari royalti Saudi sejak saat itu.

3 dari 5 halaman

Punya Sederet Bintang

Beberapa pemain dari klub Al Nassr juga sebagian besar turut bertanding ketika gelaran FIFA World Cup 2022 bersama Timnas Arab. Kini Ronaldo resmi masuk ke dalam grup ini, membuat Al-Nassr menjadi klub yang mempunyai banyak pemain bintang.

Sebelumnya, klub ini sudah mempunyai pemain mega bintang yang terkenal seperti Anderson Talisca, David Ospina, Luiz Gustavo, dan Alvaro Gonzalez. Tidak hanya itu, Al-Nassr juga diperkuat striker gaek Kamerun, Vincent Aboubakar yang bersinar di Piala Dunia 2022.

4 dari 5 halaman

Pelatih Berpengalaman

Al-Nassr saat ini dilatih oleh Rudi Garcia. Pelatih asal Prancis itu menangani tim sejak 29 Juni 2022, menggantikan Miguel Angel Russo yang diberhentikan.

Rudi Garcia merupakan pelatih berpengalaman. Ia sebelumnya pernah menangani klub-klub seperti LOSC Lille, AS Roma, Olympique Marseille, dan Olympique Lyon.

5 dari 5 halaman

Punya Segudang Prestasi

Al Nassr juga merupakan salah satu klub tersukses di Arab Saudi. Trofi yang telah mereka menangkan diperkirakan mencapai 27 di semua kompetisi.

Di level domestik, klub telah memenangkan sembilan gelar Liga Primer Arab Saudi, enam Piala Raja, tiga Piala Putra Mahkota, tiga Piala Federasi, dan dua Piala Super Saudi.

Di tingkat internasional, mereka telah memenangkan dua Liga Champions GCC dan pernah meraih gelar ganda Asia pada 1998, dengan mengklaim Piala Winners Asia dan Piala Super Asia.

 

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer