Sukses


Tak Berminat Jadi Legenda, Jose Mourinho Hanya Bertekad Bawa AS Roma Juara Liga Europa

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho berhasil membawa AS Roma melangkah ke final Liga Europa 2022/2023 setelah kemenangan agregat 1-0 atas Bayer Leverkusen. Ini akan menjadi trofi kedua Jose Mourinho bersama AS Roma di kompetisi Eropa.

Pada musim lalu Jose Mourinho membawa AS Roma menjuarai UEFA Conference League 2021/2022. Kini manajer asal Portugal itu selangkah lebih dekat untuk membawa Giallorossi menjuarai Liga Europa.

Hasil imbang tanpa gol di BayArena, markas Bayer Leverkusen, Jumat (19/5/2023) dini hari WIB, membuat AS Roma berhasil lolos ke final Liga Europa berkat kemenangan 1-0 pada leg pertama semifinal di Olimpico.

Jika berhasil kembali meraih trofi juara di kompetisi Eropa musim ini, AS Roma asuhan Jose Mourinho tercatat bisa meraih trofi juara di kancah Eropa dalam dua tahun beruntun.

Bukan tidak mungkin prestasi itu akan membuat pelatih yang pernah membawa Inter Milan meraih treble pada 2010 itu menjadi pelatih legendaris AS Roma.

2 dari 5 halaman

Legenda Bukan Tujuan Utama

Jose Mourinho digadang-gadang menjadi orang paling berjasa bagi Romanisti atas apa yang telah ditorehkannya selama menjabat sebagai juru taktik Giallorossi.

Namun, Mourinho tidak berpikir terlalu jauh untuk mencatatkan namanya dalam buku sejarah AS Roma. Tugas utamanya saat ini adalah fokus mendaratkan gelar juara Liga Europa ke Stadion Olimpico.

"Kekhawatiran saya bukanlah menandai tempat saya dalam buku sejarah Roma. Tugas saya di sini untuk membantu anak-anak ini tumbuh dan mencapai hal-hal penting," ujar Mourinho kepada reporter Sky Sport.

"Ini juga membantu para penggemar Roma yang telah memberi saya begitu banyak hal dan kesan sejak hari pertama. Ini adalah kegembiraan yang luar biasa untuk mencapai final lainnya," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Buah Jerih Payah Pemain AS Roma

Jose Mourinho tidak lupa berterima kasih kepada para pemain merupakan faktor utama suksesnya AS Roma di kancah Eropa musim ini.

"Para pemain membeikan segalanya, pertandingan ini merupakna hasil kerja keras, pengalaman, kebijaksanaan taktis, dan mengetahui bagaimana cara untuk bertahan dalam pertandingan," ujar Mourinho.

"Ini adalah tim yang luar biasa," lanjut pelatih berusia 60 tahun yang pernah merasakan berbagai gelar juara bersama Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United itu.

4 dari 5 halaman

Peran Suporter

 

Para penggemar AS Roma pun tak luput dari ucapan terima kasih Jose Mourinho. Menurutnya, dukungan para suporter sangat luar biasa selama bergulirnya Liga Europa.

Namun, Jose Mourinho meminta dukungan Romanisti tak hanya sampai di sini saja, karena masih ada pertandingan di Serie A Liga Italia.

"Jika saya dapat meminta lebih kepada para penggemar Roma, para pemain ini layak mendapatkan sesuatu yang istimewa pada laga nanti, mulai dari latihan di Trigoria hingga pertandingan," pesan Mourinho kepada Romanisti.

Sumber: Football Italia, UEFA, Sofascore

Disadur dari: Bola.net (Vieri Firdausy Akhlaq/Asad Arifin, published 19/5/2023)

5 dari 5 halaman

Posisi AS Roma di Serie A Liga Italia

Video Populer

Foto Populer