Sukses


Tajam dan Menggila, Erling Haaland Jadi Pemain Paling Berharga di Dunia saat Ini

Bola.com, Jakarta - Bomber Manchester City, Erling Haaland, memantapkan namanya di peringkat pertama pemain paling berharga di dunia saat ini. Tolok ukurnya adalah harga pasarnya yang mencapai 245 juta euro.

Baru-baru ini kelompok riset CIES Football Observatory merilis 10 pemain paling berharga di dunia saat ini. Erling Haaland dinilai wajar berada di posisi puncak daftar tersebut.

Dalam usianya yang masih muda, Erling Haaland sudah mencatatkan banyak rekor baru dan mendapatkan banyak prestasi bergengsi. Mulai dari gelar domestik hingga gelar individu seperti top scorer.

Salah satu trofi yang belum ada dalam genggaman Erling Haaland adalah Liga Champions. Kendati demikian, pemain berusia 22 tahun itu berpeluang untuk bisa merasakan trofi bergengsi jika berhasil mengalahkan Inter Milan di Istanbul pada akhir pekan nanti.

Berkat prestasinya yang begitu mentereng di atas lapangan, bukan hal yang mustahil bagi Erling Haaland untuk menjadi incaran banyak klub papan atas Eropa. Ia bahkan sempat diisukan bergabung ke Real Madrid karena masalah financial fair play yang dialami Man City.

2 dari 4 halaman

Ada di Mana Posisi Mbappe?

CIES Football Observatory belum lama ini mengumumkan daftar pemain yang memiliki nilai pasar paling tinggi di dunia saat ini. Kylian Mbappe digadang-gadang menempati posisi pertama karena sering disebut sebagai pemain terbaik di planet ini.

Namun, banyak orang yang terkejut bahwa kenyataannya adalah bukan nama Mbappe yang mengisi posisi paling tinggi. Mereka justru menempatkan Erling Haaland di posisi pertama dan bintang muda Real Madrid, Vinicius Junior, di posisi kedua pemain paling berharga saat ini.

Musim ini Mbappe berada di peringkat ke-10 dengan harga pasar 163 juta euro. Penilaian tersebut ditentukan atas beberapa faktor, termasuk usia pemain, posisi, jumlah gol dan assist, jumlah penampilan untuk tim nasional, dan lamanya waktu yang tersisa dalam kontrak pemain.

3 dari 4 halaman

Vinicius dan Gavi Masuk 10 Besar

Daftar ini dihuni oleh pemain-pemain muda. Kylian Mbappe menjadi pemain yang paling tua di antara yang lain. Pemain asal Prancis itu berusia 24 tahun 5 bulan, dan menempati peringkat ke-10 dengan harga pasar yang mencapai 163 juta euro.

Man City, Barcelona, dan Real Madrid menjadi penyumbang terbanyak daftar 10 besar. Dari Man City, selain Erling Haaland, ada Phil Foden yang berada di posisi kesembilan dengan nilai pasar 167 juta euro.

Sementara itu, dari kubu Barcelona menyumbang Pedri yang menempati posisi keenam dengan nilai pasar sebanyak 178 juta euro dan Pablo Gavi yang tepat beada di bawah Pedri yang memiliki nlai sebesar 174 juta euro.

Dari Real Madrid ada Vinicius Junior yang berada di posisi kedua dengan nilai 196 juta euro, dan Rodrygo yang menghuni peringkat kelima dengan 185 juta euro.

4 dari 4 halaman

10 Pemain Paling Berharga

Berikut 10 besar pemain dengan nilai pasar tertinggi menurut CIES Football Observatory:

  1. Erling Haaland (Manchester City) - 245 juta euro
  2. Vinicius Junior (Real Madrid) - 196 juta euro
  3. Bukayo Saka (Arsenal) - 195 juta euro
  4. Jude Bellingham (Borussia Dortmund) - 190 juta euro
  5. Rodrygo Goes (Real Madrid) - 185 juta euro
  6. Pedri Gonzalez (Barcelona) - 178 juta euro
  7. Pablo Gavi (Barcelona) - 174 juta euro
  8. Jamal Musiala (Bayern Munchen) - 170 juta euro
  9. Phil Foden (Manchester City) - 167 juta euro
  10. Kylian Mbappe (PSG) - 163 juta euro

Sumber: CIES Football Observatory

Disadur dari: Bola.net (Irasz Fabian Ilyasa/Dimas Ardi Prasetya, published 7/6/2023)

Video Populer

Foto Populer