Sukses


Catat! Pembagian Pot Drawing Fase Grup Euro 2024: Italia Bisa Masuk Grup Neraka

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 20 negara sudah memastikan lolos ke Euro 2024 di Jerman, melalui jalur kualifikasi. Masih ada empat lagi yang menyusul melalui jalur playoff. 

Euro 2024 dimainkan di Jerman sebagai tuan rumah. Artinya, bakal ada 23 tim yang ikut menemani Jerman di kompetisi nanti. 

Euro 2024 mendatang bakal menjadi edisi ke-17 kompetisi negara-negara top Eropa tersebut. Ini pertama kalinya Jerman kembali jadi tuan rumah kompetisi mayor dunia, setelah terakhir mendapatkan kehormatan tersebut pada Piala Dunia 2006.

Ada total 24 negara peserta Euro 2024, seperti biasa. Satu slot diambil oleh tuan rumah, jadi tersisa 23 slot. Nah, 20 slot di antaranya diperebutkan melalui babak kualifikasi yang baru tuntas per hari ini, Rabu 22 November 2023.

Ada 10 grup dalam Kualifikasi Piala Eropa 2024, setiap grup menyediakan dua tiket lolos untuk juara grup dan runner-up grup.

Tiga slot sisanya bakal ditentukan melalui babak play-off yang dipengaruhi oleh performa tim di UEFA Nations League 2023/2024.

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Negara Lolos Euro 2024

Lengkap sudah daftar 20 negara lolos putaran final Euro 2024 melalui jalur kualifikasi, plus tuan rumah Jerman. Berikut daftar timnya:

Jerman (tuan rumah)

Spanyol (juara Grup A)

Skotlandia (runner-up Grup A)

Prancis (juara Grup B)

Belanda (runner-up Grup B)

Inggris (juara Grup C)

Italia (runner-up Grup C)

Turki (juara Grup D)

Kroasia (runner-up Grup D)

Abania (juara Grup E)

Rep. Ceko (runner-up Grup E)

Belgia (juara Grup F)

Austria (runner-up Grup F)

Hungaria (juara Grup G)

Serbia (runner-up Grup G)

Denmark (juara Grup H)

Slovenia (runner-up Grup H)

Romania (juara Grup I)

Swiss (runner-up Grup I)

Portugal (juara Grup J)

Slovakia (runner-up Grup J)

Tersisa tiga slot yang bakal diperebutkan lewat jalur play-off. Dipertandingkan mulai 2024.

 

3 dari 4 halaman

Pembagian Pot Drawing Fase Grup Euro 2024

Termasuk tuan rumah Jerman, 24 tim peserta Euro 2024 akan dibagi ke dalam empat pot berbeda untuk melakukan undian alias drawing fase grup. Masing-masing pot diisi enam tim.

Pembagian pot ditentukan berdasarkan prestasi masing-masing tim di kualifikasi. Misalnya, lima negara juara grup terbaik di babak Kualifikasi Euro 2024 otomatis masuk Pot 1, yaitu Portugal, Prancis, Spanyol, Belgia, dan Inggris.

Berikut pembagian pot drawing fase grup Euro 2024:

  • Pot 1: Jerman (tuan rumah), Portugal, Prancis, Spanyol, Belgia, Inggris
  • Pot 2: Hungaria, Denmark, Albania, Austria, Rumania, Turki
  • Pot 3: Belanda, Skotlandia, Slovenia, Slovakia, Republik Ceko, Kroasia
  • Pot 4: Serbia, Italia, Swiss, Play-off A, Play-off B, Play-off C

 

 

 

4 dari 4 halaman

Italia Mungkin Masuk Grup Neraka

Italia dan Belanda gagal finis sebagai juara grup pada babak kualifikasi. Hal ini membuat mereka terlempar dari Pot 1 dan 2. Akibatnya, muncullah potensi grup nekara di Euro 2024.

Belanda berada di Pot 3. Belanda finis di belakang Prancis pada babak kualifikasi, dengan 15 poin. Sedangkan, Italia berada di 4, usai mati-matian berjuang finis sebagai runner-up Grup C.

Pergeseran Italia inilah yang menimbulkan potensi grup neraka di Euro 2024. Italia bisa satu grup dengan Belanda, Denmark, dan Portugal. Italia juga bisa berjumpa Inggris, lawan yang dikalahkan pada final Euro 2020 lalu.

Italia juga mungkin satu grup dengan Jerman sang tuan rumah, atau Prancis yang tampil luar biasa di babak kualifikasi. Intinya, jika akan ada grup neraka di Euro 2024 nanti, Italia sudah hampir pasti masuk jadi salah satu tim di grup tersebut. 

Sumber: UEFA 

Disadur dari: Bola.net (Penulis Richard Andreas, published 22/11/2023)

Video Populer

Foto Populer