Sukses


Piala Dunia Over 35, Ajang Reuni Bintang Sepak Bola 2000-an

Bola.com, Jakarta Kabar gembira buat semua pecinta sepak bola di seluruh dunia, khususnya para generasi lawas. Jika tak ada halangan, penggemar sepak bola akan mendapat suguhan spektakuler bertajuk Piala Dunia di atas usia 35 tahun.

Turnamen yang digagas oleh Elite Players Group (EPG) bakal dijelali puluhan mantan bintang lapangan rumput di masanya.

Ini tentunya bukan yang pertama. Sebelumnya, pada 2011, hajatan serupa juga perna dihelat dengan nama Masters Football.

Mengingat animo fans yang sangat tinggi dan terkait nama-nama beken yang ada di dalamnya, maka EPG tergerak untuk menyelenggarakannya kembali dengan format baru.

Kapan, di mana, dan siapa-siapa saja deretan legenda yang bakal tampil di ajang ini, berikut keterangkan lengkap tentang Piala Dunia Di Atas Usia 35 Tahun, seperti dilansir Squawka.

2 dari 5 halaman

Apa itu Piala Dunia di Atas 35 Tahun dan Kapan Digelar?

Dikenal juga sebagai Piala EPG (Elite Players Group), turnamen ini khusus untuk pemain berusia 35 tahun ke atas, yang saat ini tidak bermain di liga profesional mana pun.

Ada juga persyaratan bahwa setidaknya setengah dari 18 pemain harus bermain setidaknya sekali untuk tim nasional mereka di tingkat muda atau senior, atau telah membuat lebih dari 100 penampilan di divisi teratas sepanjang karier mereka.

Piala Dunia U-35 dijadwalkan berlangsung pada awal Juni antara final Liga Champions dan Euro 2024. Piala Dunia akan dimulai pada 4 Juni dan berakhir pada 11 Juni, dengan pertandingan dalam lima hari terpisah.

St James’ Park di Newcastle United dilaporkan sebagai stadion tuan rumah turnamen tersebut, meski belum ada konfirmasi resmi.

 

3 dari 5 halaman

Format Pertandingan

Pertandingan akan terdiri dari 11v11 dalam format sistem gugur langsung, totalnya tujuh pertandingan. Ini adalah eliminasi langsung, artinya tidak ada kesempatan kedua bagi yang kalah dalam pertandingan.

Ketujuh pertandingan akan berlangsung di satu stadion, dua pertandingan dimainkan per hari.

Setiap permainan akan terdiri dari dua babak masing-masing 35 menit, dengan istirahat 15 menit untuk babak pertama.

Jika kedua belah tim menyamakan kedudukan pada akhir 70 menit, pertandingan akan langsung dilanjutkan ke adu penalti, dengan lima penalti per tim.

Mengingat sifat turnamennya, terdapat pergantian pemain secara bergantian, dengan masing-masing tim dapat melakukan perubahan sebanyak yang mereka anggap perlu.

Pemain yang telah digantikan juga diperbolehkan untuk kembali bermain. Tanpa manajer resmi, kapten tim akan bertugas memberikan daftar 18 pemain, seorang direktur teknis, pelatih fisik, dan dokter.

Terakhir, setidaknya sembilan dari 18 pemain harus memainkan setidaknya satu pertandingan untuk negaranya – di level junior atau senior – atau memiliki setidaknya 100 pertandingan di divisi teratas.

4 dari 5 halaman

Lebih dari 35 Tim

Piala Dunia Over-35 pertama akan terdiri dari delapan tim, dari delapan negara yang pernah memenangkan Piala Dunia, yaitu: Brazil, Jerman, Italia, Argentina, Perancis, Uruguay, Inggris dan Spanyol.

Tentu saja, Brasil memimpin dengan kemenangan Piala Dunia terbanyak, merebut mahkota sebanyak lima kali, satu lebih banyak dari Jerman dan Italia.

Argentina telah memenanginya tiga kali, Prancis dan Uruguay dua kali, sementara Inggris dan Spanyol masing-masing memenanginya satu kali.

 

5 dari 5 halaman

Reuni Para Bintang

 

Argentina: Esteban Cambiasso (kapten), Hernan Crespo, Pablo Zabaleta.

Brasil: Emerson (kapten), Cafu, Roberto Carlos, Kaka, Rivaldo, Ronaldinho.

Inggris: Steve McManaman (kapten), Ashley Cole, Joe Cole, Rio Ferdinand, Robbie Fowler, David James, Michael Owen.

Prancis: Christian Karembeu (kapten), Marcel Desailly, Thierry Henry.

Jerman: Kevin Kuranyi (kapten), Sami Khedira, Mesut Ozil.

Italia: Marco Materazzi (kapten), Fabio Cannavaro, Francesco Totti.

Spanyol Michel Salgado (kapten), Carles Puyol, David Villa.

Uruguay: Diego Lugano (kapten), Diego Forlan.

Sumber: Squawka

Video Populer

Foto Populer