Sukses


Juara Piala Presiden Esports 2020 Ingin Tampil di SEA Games

Jakarta - Setelah menjuarai turnamen Mobile Premiere League (MPL) di Piala Presiden Esports 2020, Aby Ramadhan tidak serta-merta merasa yang paling jago. Siswa kelas IX di SMP Negeri 71, Rawasari, Jakarta Pusat ini berlaku dan bersikap biasa saja, seolah tak merasa sebagai peraih prestasi tertinggi perhelatan esports bertaraf Internasional.

Ada tiga game yang dipertandingkan dalam turnamen esports tersebut, yakni Free Fire, Pro Evolution Soccer (PES), dan Fruit Dart dari MPL. Aby menjadi satu-satu peserta dari Indonesia yang berhasil juara. Sedangkan di dua gim lainnya peserta Vietnam merajai.  

Aby mengakui, keberhasilannya di ajang Esports tak lepas dari dukungan banyak pihak, mulai orang tua, saudara, sekolah dan lingkungannya. Dia berhasil menjadi juara buah hasil kesabaran dan konsistensi bermain game MPL untuk mencari pola permainannya. Kendati demikian, dirinya senantiasa membatasi untuk bermain game sehingga tidak melupakan tugas-tugas lainnya. 

"Awalnya saya main game mobile biasa. Di game MPL ini, abang saya yang ngenalin, ternyata mengasyikkan. Kuncinya harus sering bermain untuk melatih kesabaran dan pola permainannya. Tapi jangan lupa waktu. Saya batasi bermain sehari dua sampai lima jam, diselingi waktu istirahat, belajar dan lainnya," ungkap Aby saat ditemui di bilangan Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (14/2/2020). 

Dalam keseharian, Aby kerap mengingatkan teman-temannya yang tergabung dalam komunitas gamer, The Clay untuk tidak terlena dan membuang waktu. Walau sering main bareng (mabar), Aby meminta rekan-rekannya itu memanfaatkan waktu yang ada serta tidak melulu bermain game.

"Saya suka ingatkan teman-teman The Clay untuk tidak melulu bermain game dan ingat waktu Shalat misalnya. Akhirnya kami di dalam komunitas itu selain bermain bareng dalam game, juga saling mengingatkan untuk memanfaatkan waktu yang ada," imbuhnya. 

2 dari 3 halaman

Pendidikan

Dalam sekolah, anak ketiga dari tiga bersaudara pasangan Teddy Wijono dan Neneng Ratna Nengsih ini punya kemampuan akademis yang cukup baik. Kendati tidak menonjol, tetapi memiliki karakter pribadi yang ulet, bertanggung jawab, senantiasa mengikuti kegiatan sekolah dan tidak pernah membolos. Pihak sekolah pun bangga dengan prestasi yang diraih Aby dan berharap prestasi ini terus berlanjut. 

"Saya turut bangga dengan prestasi yang diraih Aby di Piala Presiden Esports 2020. Kami dari pihak sekolah turut mendukung keberlangsungan prestasinya. Game ini sangat positif melatih keterampilan otak dan strategi, karena strategi juga diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau game yang berdampak negatif, hendaknya dihindari saja," kata Etty Lismiati selalu wali kelas Aby.

Datang dari keluarga kurang mampu, Aby tumbuh berkembang di daerah pemukiman padat di Rawamangun. Sang ayah, Teddy adalah penjual mie ayam dan ibunya, Neneng bekerja serabutan di rumah makan Padang. Mereka tinggal di rumah petak berlantai dua dengan kamar terbatas dan dihuni tiga keluarga berjumlah 12 orang. 

Kedua orang tuanya tidak menyangka, bungsu kelahiran 18 Oktober 2004 ini bisa berprestasi di event bergengsi dan membawa pulang hadiah utama Rp 125 juta. Selain Aby, abang sepupunya, Rama pun bertengger di posisi ketujuh dan membawa pulang Rp 4 juta. 

3 dari 3 halaman

Dukungan Orang Tua

Sedangkan sang ayah pun mengaku senang dengan kesuksesan anaknya. Dia pun hadir dalam perjalanan prestasi anaknya sejak dari babak regional barat di Bandung, hingga menuju grand final. 

"Saya lihat perjuangannya mulai dari Bandung hingga ke babak final. Gak nyangka dia bisa menang. Dan yang lebih tidak menyangka lagi, hadiahnya untuk umrah orang tuanya," ujar Teddy sambil terharu.

Aby akui, selain mengumrohkan kedua orang tuanya, hadiah uang mau dibelikan sepeda motor untuk mobilitas keseharian bersekolah nanti di Sekolah Menengah Kejuruan yang menjadi pilihannya. Selain itu dibelikan handphone canggih untuk mendukung pelatihan dan selebihnya untuk ditabung. Soal masa depannya, Aby ingin menjadi gamer profesional dan bisa ikut dalam multi event seperti SEA Games serta kejuaraan bergengsi lainnya.

"Niatnya ingin jadi gamer profesional dan ikut SEA Games. Tapi tidak akan meninggalkan sekolah, karena itu yang utama," kata Aby mengakhiri pembicaraan.

Hadirnya Aby sebagai juara turnamen ssports bergengsi di Tanah Air, dengan latar belakang keluarga menengah ke bawah ini seakan menegaskan perwujudan misi MPL di Indonesia untuk mendemokratisasi esports bagi semua kalangan masyarakat di Indonesia. Ekosistem esports Tanah Air terus terbangun hingga membentuk industri esports yang mampu memberi dampak positif terhadap ekonomi digital.

 

Sumber: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Harley Ikhsan, published 16/2/2020)

Video Populer

Foto Populer