Sukses


5 Fakta MotoGP Virtual Race: Saat Balapan Kelas Dunia Digelar #DiRumahAja

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 10 pembalap mengikuti seri pertama MotoGP Virtual Race di Sirkuit Mugelllo, Italia, Minggu (29/3/2020) malam.

Balapan virtual ini digelar untuk menghibur para penggemar MotoGP yang kini tengah menjalani karantina di rumah akibat pandemi virus Corona yang kini telah menjangkit hampir di seluruh negara.

Mereka pun bermain di rumah masing-masing dengan video game MotoGP19 keluaran Milestone.

Debutan Repsol Honda, Alex Marquez menjuarai race pertama ini setelah bersaing ketat dengan pembalap Pramac Racing, Pecco Bagnaia. Alex finis dengan catatan waktu 10 menit 38,643 detik.

Sementara Fabio Quartararo yang memulai permainan game eSports MotoGP 2019 ini dari pole position harus terlibat kecelakaan dengan Maverick Vinales di tikungan pertama selepas start.

Meskipun begitu, Vinales dan Quartararo bisa bangkit. Vinales finis posisi ketiga, sedangkan Quartararo berada di urutan keempat setelah mengasapi Marc Marquez di lap terakhir.

Dorna selaku peneyelenggara MotoGP mengekor langkah Formula 1 (F1) yang mengadakan Virtual Race untuk menggantikan balapan di dunia nyata.

2 dari 5 halaman

5 Fakta Menarik

1. Respons Bagus

Respons publik atas balapan ini cukup bagus. Dorna memastikan bakal ada putaran kedua Virtual Race MotoGP pada tanggal 12 April.

"Setelah pengumuman Virtual Race perdana pada hari Rabu (25/3/2020), feedback yang kami dapat dari komunitas MotoGP sangat luar biasa," tulis keterangan dari MotoGP.

"Dorna Sports pun mengumumkan bakal menghadirkan fans Virtual Race jilid 2. Putaran kedua MotoGP Virtual Race akan berlangsung tanggal 12 April," lanjut keterangan tersebut. 

2. Valentino Rossi absen

Pembalap gaek, Valentino Rossi, absen pada seri pertama ini. Belum diketahui apakah The Doctor bakal terlibat pada balapan seri kedua nanti. 

Yang pasti, kehadiran pembalap Yamaha itu dinantikan oleh fansnya yang ingin melihat Rossi mengaspal secara online. 

3. Aturan balapan

Adapun tata cara permainan, semua gamers akan mengaspal di Sirkuit Mugello, Italia sebanyak enam lap. Sebelumnya selama lima menit, Rossi dan kawan-kawan akan menjalani sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start saat lomba.

Seluruh event pada ajang Virtual Race MotoGP ini disiarkan langsung melalui beberapa TV broadcasters dan platform sosial media.

3 dari 5 halaman

Gamer Indonesia

4. Peran gamer Indonesia

Ada peran gamer asal Indonesia dalam race ini. Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez, mengaku sangat terbantu tips yang diberikan gamer Indonesia, Putut Maulana alias 'Moe27', dalam memenangi balapan pertama ini.

"Sangat senang. Sebelum balapan, saya tahu saya bukan yang tercepat, terutama dalam lap tunggal, jadi target saya adalah coba sekonsisten mungkin. Saya menjalani pertarungan yang baik dengan Pecco pada lap-lap pertama sampai ia kecelakaan di Arrabbiata. Saya ingin berterima kasih kepada Putut Maulana, yang memberi saya beberapa tips setup," ujar Alex Marquez via MotoGP.com.

5. #dirumahaja

Semua pembalap menjalankan virtual race di rumah masing-masing saat masa karantina akibat pandemi virus Corona. Termasuk duo Repsol Honda, Alex dan Marc, yang berada di rumah yang sama. 

Namun, Alex mengaku tak bekerja sama dengan sang kakak dalam balapan esports ini.

4 dari 5 halaman

Hasil Balapan

1. Alex Marquez (Repsol Honda) 10 menit 38,643 detik

2. Pecco Bagnaia (Pramac Racing) +7,093 detik

3. Maverick Vinales (Yamaha) +8,496 detik

4. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) +9,968 detik

5. Marc Marquez (Repsol Honda) +14,416 detik

6. Alex Rins (Suzuki) +19,548 detik

7. Joan Mir (Suzuki) +23,247 detik

8. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) +29,702 detik

9. Iker Lecuona (KTM Tech 3) -

10. Aleix Espargaro (Aprilia) -

 

Sumber: MotoGP

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer