Sukses


Esports X Football, Ketika Pesepak Bola Nasional Bertanding dengan Atlet dari Dimensi Lain

 

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona atau COVID-19 sudah membuat sejumlah aktivitas, terutama di lingkup olahraga, ikut terkena imbas. Hal tersebut juga dirasakan oleh atlet-atlet di dunia esports. Dalam kondisi seperti ini, Indonesia Esports Association (IESPA) memprakarsai sebuah kegiatan bertajuk Esports X Football, di mana atlet-atlet sepak bola Indonesia akan bertemu dalam seuah gim esports PUBG Mobile.

Saat ini masyarakat Indonesia tengah diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Kegiatan on the spot pun dialihkan menggunakan metode online agar tetap bisa berjalan.

Hal tersebut juga dialami oleh sejumlah kegiatan besar di dunia esports Indonesia, seperti Free Fire Indonesia Masters, PUBG Mobile Professional League, maupun Mobile Legends Premier League, yang harus mengubah kemasannya.

Beruntung, video game dan infrastrukturnya yang sudah sangat mendukung dari segi koneksi internet menjadi hiburan bagi masyarakat untuk tetap berada di rumah dan menikmati permainan yang menarik. Ketua harian IESPA, Ibnu Riza, pun membentuk sebuah kegiatan bertajuk Esports X Football.

IESPA berinisiasi mengundang para pemain sepak bola nasional untuk berbaur bersama sesuai anjuran dan bermain gim sebagai hiburan saat menjalani isolasi mandiri di rumah demi mencegah penularan COVID-19. Sejumlah pesepak bola, seperti Hamka Hamzah, Bagus Kahfi, Bagas Kaffa, Rizky Pora, Diego Michiels, dan Ricardo Salampesy, hadir dalam kegiatan yang memainkan gim PUBG Mobile itu.

“Senang sekali bisa memfasilitasi pelaku esports bersama atlet sepak bola dalam sebuah pertandingan. Ternyata esports adalah olahraga yang juga digemari oleh praktisi olahraga lain dan ini merupakan kegiatan rutin para atlet olahraga lain ketika waktu senggang,” ujar Ibnu Riza seperti dalam rilis yang diterima Bola.com, Senin (6/4/2020).

Hal ini juga disambut positif oleh penggiat esports Indonesia. Andrew Tobias yang turut serta mendukung kegiatan ini dalam pengadaan dan ditayangkan secara langsung di platformlive stream Facebook RBJ Esports, menyebut Esports X Football bisa membantu menjaga para atlet tetap di rumah dan merasa terhibur.

“Selain kesehatan fisik, kesehatan mental pun harusterjaga, selama kalian #DiRumahAja, ini bertujuan untuk menghibur kalian,” ujar pria yang lebih dikenal dengan dengan nickname NdRuw yang membuat Team ELVO.

 

2 dari 3 halaman

Sangat Antusias

Sejumlah influencer gim ternama juga turut meramaikan acara ini. BangPen, Skygaming, Lalajo Laura, dan cencen, serta beberapa tim kenamaan seperti AURA, XcN ,Diverso, dan Team ELVO ikut dalam permainan dan turut menghibur.

BangPen, yang dikenal dengan aksi nyelenehnya seperti yang ditampilkan selama ini di layar kaca, nampak serius dan tidak nge-prank saat laga persahabatan Esports X Football. Sayangnya, PMPL juga sedang berlangsung sehingga kegiatan ini tidak berhasil mengajak pemain profesional untuk turut serta.

“Senang bisa ketemu teman baru. Harus lebih sering ada funmatch lagi dan yg lebih seruya,” tukas Fachri atau yang dikenal skygaming, mantan pemain profesional untuk timOnic Esports.

Mantan pemain bertahan Timnas Indonesia yang kini bermain untuk Persita Tangerang, Hamka Hamzah, mengaku sangat menikmati kegiatan ini.

“Seru dan yang paling utama bisa bermain bersama pemain-pemain pro dan pengurus PUBG yang ada di Indonesia. Dulu gim dilarang, sekarang disayang. Stay at home.” ujar pemain sepak bola nasional yang berposisi sebagai bek tengah itu.

Menariknya, Pemain Timnas Indonesia U-19, Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi juga memiliki nama serupa dengan pemain PUBG MOBILE profesional Indonesia yang memperkuat tim Bigetron, Bagas “Zuxxy” dan Bagus “Luxxy”. Keduanya mengaku ingin mencoba bermain bersama langsung dengan duo kembar yang memiliki nama yang sama dengan mereka.

Sampai saat ini, pertandingan yang diusung atas prakarsa Ibnu Riza dan Andrew Tobiasini telah ditonton sebanyak 13.000 kali dan diikuti oleh 350 peserta pecinta PUBGMOBILE. Kedepannya Ibnu Riza juga berencana untuk melibatkan atlet nasional cabang olahragalain untuk dipertemukan dengan esports.

3 dari 3 halaman

Video

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer