Sukses


Membuka Ekshibisi Esports PON Papua 2021, Sandiaga Uno: Industri Gim Jadi Peluang Usaha Potensial

Bola.com, Jayapura - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membuka pertandingan ekshibisi Esports Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, Selasa (21/9/2021). Dalam kesempatan itu, Sandiaga menegaskan peran pemerintah untuk mendorong kontribusi ekonomi digital.

Dalam kunjungannya di Jayapura tersebut, Sandiaga Uno menegaskan pentingnya industri eSports sebagai potensi ekonomi di masa depan. Hal tersebut tidak lepas dari data pendapatan yang cukup signifikan di dunia eSports.

"Bayangkan saja, industri gim merupakan peluang usaha yang potensial untuk ke depannya. Kami di Kemenparekraf mencatat revenue industri gim pada 2019 mencapai 1,3 miliar dolar dan naik 33 persen dalam satu tahun menjadi 1,8 milir dolar pada 2020," ujar Sandiaga Uno dalam sambutannya di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Selasa (21/9/2021).

Pria yang juga merupakan Dewan Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) ini menegaskan bahwa saat ini, ketika eSports untuk kali pertama masuk menjadi satu di antara 11 cabor ekshibisi di PON, adalah peluang yang sangat besar bagi para atlet untuk bisa menjajal keahliannya.

"Pelaksanaan eSports ini dapat memberikan kesempatan bagi para pecinta olahraga untuk bertanding dan membawa nama besar daerah masing-masing di empat kategori permainan," ucap Sandiaga Uno.

 

2 dari 2 halaman

Bisa Disaksikan Penonton 25 Persen Kapasitas Venue

Sandiaga Uno juga memastikan PON di Papua ini bisa disaksikan oleh penonton secara langsung. Namun, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan bahwa jumlah maksimal penonton hanya 25 persen dari kapasitas venue pertandingan, dengan syarat sudah menjalani dua kali vaksinasi.

"Dalam acara yang luar biasa ini, Bapak Presiden baru saja memberikan izin agar pelaksanaan PON Papua digelar dengan kehadiran penonton. Alhamdulillah. Namun, dibatasi dengan maksimal 25 persen kapasitas dan vaksin menjadi syarat utama," tegas Sandiaga Uno.

Sandiaga juga berharap PON Papua ini akan menjadi ajang bagi para atlet untuk bersiap mewakili Indonesia di turnamen internasional. Ia pun berharap ajang ini berjalan baik dan lancar sehingga bisa memberikan manfaat bagi semua pihak dalam memajukan Indonesia.

 

Video Populer

Foto Populer