Sukses


Eksibisi Esports PON Papua 2021 Berjalan Lancar, PBESI Takjub dengan Persaingan yang Merata

Bola.com, Papua - Eksibisi Esports PON Papua 2021 resmi ditutup pada Minggu (26/9/2021). Perhelatan ini menjadi tongkak sejarah baru bagi dunia Esport di Tanah Air.

Upacara penutupan berlangsung meriah dan dihadiri oleh Dewan Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Bambang Soesatyo, Ketua KONI Pusat, Marciano Noerman, Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo, dan Gubernur Papua sekaligus Ketua Umum PB PON Papua 2021 Lukas Enembe.

Esport menjadi cabang olahraga eksebisi yang dipertandingkan di PON Papua 2021. Olahraga ini mempertandingkan empat nomor yakni Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, Free Fire, dan PES 2021.

Pemenang dalam masing-masing nomor berasal dari tim yang berbeda-beda. Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Esports Indonesia (Sekjen PBESI) Frengky Ong, menyambut antusias ketatnya persaingan yang terjadi di Eksibisi Esports PON Papua 2021.

Menurut Frengky Ong, ketatnya persaingan menandai meratanya pembinaan yang terjadi di seluruh wilayah di Indonesia. Hasil ini membuat PBESI semakin serius untuk melakukan pembinaan di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

"Kekuatan atlet-atlet yang berlaga di Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 sangat merata. Tidak ada satu provinsi yang tampil dominan. Ini mengonfirmasi bahwa pembinaan-pembinaan di seluruh provinsi di Indonesia sudah berjalan baik dan tidak terjadi kesenjangan," kata Frengky Ong dalam rilis yang diterima Bola.com.

Keberhasilan dari Eksibisi Esports PON Papua 2021 yang digelar selama sepekan tak bisa dipisahkan dengan penerapkan sistem bubble dan protokol kesehatan yang ketat. Meskipun demikian, sejumlah torehan prestasi menarik tetap banyak bermunculan dari ajang yang dikemas dengan konsep sportaintment ini.

 

2 dari 3 halaman

Respons Positif

Keberhasilan Eksibisi Esports PON Papua 2021 diklaim telah menggugah perhatian dari publik mengenai potensi cabang olahraga Esport. Masyarakat Papua dan provinsi lainnya memberikan respons positif terhadap olahraga elektronik ini.

Frengky Ong mengaku, hal ini membuat PBESI terpacu untuk terus menggelar turnamen-turnamen esport di seluruh wilayah Indonesia. Tujuannya adalah untuk mempopulerkan olahraga ini sekaligus menjaring bibit atlet baru untuk masa depan.

“Kami mendapatkan respons positif dari masyarakat Papua dan provinsi-provinsi lain yang menjadi terpacu untuk berkolaborasi bersama pengurus ESI di tingkat daerah," ucap Frenky.

"Guna menggelar turnamen-turnamen esports setelah mereka menyaksikan kemeriahan, kreativitas, dan positifnya nilai-nilai yang dihadirkan para insan esports nasional di ajang Eksibisi Esports PON XX Papua 2021," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemenang

Mobile Legends: Bang Bang

  1. Kalimantan Barat
  2. Jawa Tengah
  3. Sulawesi Utara

PUBG Mobile

  1. DKI Jakarta
  2. Papua Barat
  3. Sulawesi Utara

Free Fire

  1. Sulawesi Tenggara
  2. Bengkulu
  3. Maluku

PES 2021

  1. Jawa Barat
  2. Kalimantan Selatan
  3. Gorontalo

Video Populer

Foto Populer