Sukses


Bali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Esports 2022, Sandiaga Uno Bakal Memfasilitasi Semua Kebutuhan Tim Indonesia

Bola.com, Tangerang - Dewan Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Sandiaga Uno, antusias dengan digelarnya Kejuaraan Dunia Esports 2022 yang bakal digelar di Bali. Sandiaga Uno siap membantu memfasilitasi pelatihan hingga pembiayaan tim esports Indonesia yang akan berlaga di ajang internasional tersebut.

IESF 14th Esports World Championship 2022 akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia, pada 20-27 November 2022.

Sandiaga Uno mengaku sudah berkoordinasi dengan kementerian terkait, termasuk Kementerian Keuangan, untuk membentuk Badan Layanan Umum (BLU). Nantinya lembaga ini yang akan mendukung segala keperluan tim Esports Indonesia.

"Kami haurs membangun support system bagi esports, mulai dari pelatihan, pendampingan, sampai pembiayaannya. Kami akan membuat BLU yang mulai tahun ini diharapkan sejalan dengan pengembangan lima games lokal hingga bisa dipertandingkan di event internasional," ujar Sandiaga Uno dalam Rakernas PBESI di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (5/3/2022).

Sandiaga Uno berharap Kejuaraan Dunia Esports di Bali bakal menjadi momentum bagi esports lokal untuk untuk unjuk gigi di kancah dunia. Pengusaha yang kini juga menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia itu yakin kejuaraan tersebut akan menjadi momentum untuk membangkitkan ekonomi kreatif Indonesia.

"Kejuaraan dunia ini akan menjadi momentum bagi kita menancapkan satu prestasi yang memperlihatkan bahwa kita bisa bangkit dan esports Indonesia bisa memberikan kebanggaan bagi bangsa dan negara," lanjut Dewan Pembina PBESI itu.

2 dari 3 halaman

Bantu Perekonomian Indonesia Lewat Esports

Dalam Rakornas yang digelar di Tangerang itu,  Ketua Umum PB Esports Indonesia, Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, juga bertekad membantu perekonomian Indonesia melalui Esports.

Esports memiliki perkembangan pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Budi Gunawan berharap, dalam lima tahun ke depan PBESI melalui Esports bisa membantu perekonomian Indonesia dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

"Jangka 1 tahun dan 5 tahun ke depan PBESI menjadi organisasi yang betul-betul dapat dibanggakan, menjadi organisasi cabang olahraga yang terbaiklah dari cabang olahraga yang lainnya. Serta yang terpenting, juga membantu pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan perkerjaan," kata Budi Gunawan.

Selain itu, Budi Gunawan juga menantang pengurus PB Esports Indonesia untuk bisa mengembangkan ekosistem esports di Indonesia. Terutama dalam menciptakan games yang berdaya saing internasional.

"Sehingga produk-produk esport dalam negeri ini dapat merajai di pasar dalam negeri kita. Jangan seperti saat ini dikuasai oleh game-game dari luar negeri. Sanggup kita?" ucap Budi Gunawan.

3 dari 3 halaman

6 Games di Kejuaraan Dunia Esports

 

Federasi Esports Internasional atau The International Esports Federations (IESF) telah menentukan enam games yang dipertandingkan di Kejuaraan Dunia Esports 2022 yang digelar di Nusa Dua, Bali.

Setelah menentukan bahwa kejuaraan tersebut digelar pada 20-27 November 2022, IESF telah merilis apa saja pertandingan yang akan digelar di Bali nanti.

Berikut 6 games yang akan dipertandingkan:

  1. Counter Striker: Global Offensive,
  2. Dota 2,
  3. eFootball,
  4. Tekken 7,
  5. Mobile Legends: Bang Bang,
  6. PUBG Mobile

Video Populer

Foto Populer