Sukses


3.000 Peserta Ikuti Kejuaraan Esport Piala Gubernur Jabar

Bola.com, Bandung - Sebanyak 3.000 peserta ikuti kejuaraan eSport bertajuk Piala Gubernur Jabar 2022 yang digelar di Youth Center, Komplek SPOrT Jabar, Jalan Arcamanik, Kota Bandung.

Kejuaraan yang resmi dibuka Jumat (27/5/2022) itu terbagi dalam lima kategori game yang dipertandingkan. Seperti 256 tim untuk Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), 128 tim untuk bertanding Valorant, 240 tim di PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), 214 tim untuk Free Fire, dan 128 orang bertanding di Pro Evolution Soccer (PES).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jabar, Asep Sukmana tidak menduga dengan keantusiasan yang ditunjukan peserta untuk mengikuti Piala Gubernur Jabar 2022 ini. Terlebih, kompetisi ini hanya diumumkan melalui media sosial.

"Alhamdulillah, ini menunjukan bahwa Esport ini sudah digandrungi oleh berbagai kalangan," ungkap Asep Sukmana usai membuka kejuaraan Esport Piala Gubernur Jabar 2022.

2 dari 4 halaman

Persiapan Ajang Selanjutnya

Asep berharap dari kejuaraan ini ditemukan atlet-atlet Esport Jabar lainnya. Apalagi ke depan, berbagai event kejuaraan akan dihadapi seperti Porprov hingga PON.

"Kami berharap ke depan tidak ada stigma negatif terhadap olahraga Esport. Sekarang, kalau bicara game online, mungkin ada konotasi negatif. Hari ini namanya elektronik sport, yang menjadi sebuah bagian dari upaya pemerintah agar beralih ketika berbicara game online ke arah positif," kata Asep.

Ketua Harian Pengprov Esport Indonesia (ESI) Jabar, M Budiana, juga mengaku cukup kaget dengan antusias peserta dari kejuaraan ESPort bertajuk Piala Gubernur Jabar 2022 ini.

"Kalau tidak di setop bisa saja peserta lebih dari 3.000. Jadi, betul sekali apa yang disampaikan pak Kadispora, secara umum bahwa Esport semakin digandrungi, menjadi alternatif kegiatan kaum muda di era distrupsi seperti ini," kata Budiana.

3 dari 4 halaman

Momentum

Budiana memastikan ESI Jabar akan memanfaatkan dengan baik Piala Gubernur Jabar 2022 ini. Setidaknya mencari atlet-atlet berkualitas lainnya untuk membela Jabar ke depannya.

"Karena kebetulan Piala Esport Gubernur Jabar 2022 ini tidak hanya diikuti atlet Jabar, tapi juga Sumatera dan provinsi lainnya. Artinya kalau atlet Jabar unggul di kejuaraan hari ini, berarti sangat teruji," tegas Budiana.

"Mudah-mudahanan ada atlet-atlet pendatang baru. Artinya, Esport Jabar tinggal memupuk dan membina mereka menjadi debutan bagi Jabar itu sendiri," ucap Budiana mengakhiri.

4 dari 4 halaman

Total Hadiah

Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga Esport ini sudah digelar sejak 25 Mei lalu. Kompetisi ini berakhir pada Minggu 29 Mei dan digelar secara offline atau onsite di gedung Youth Center, komplek SPOrT Jabar Arcamanik, Kota Bandung.

Total hadiah yang akan diperebutkan di lima kategori game mencapai Rp398 juta. Dengan rincian, MLBB, Valorant, PUBG, dan Free Fire masing-masing memperebutkan total hadiah Rp90 juta, sedangkan PES memperebutkan total hadiah Rp38 juta.

Video Populer

Foto Populer