Sukses


Raih Predikat Juara Umum IESF 14th World Esports Championship 2022, Momentum Terbaik Esports Indonesia

Bola.com, Jakarta - Indonesia menjadi juara umum Internastional Esports Federation (IESF) 14th World esports Championship 2022 yang digelar di Merusaka Hotel, Nusa Dua, Bali sejak Jumat (2/12/22) sampai Minggu (11/12/22). PBESI menyambut baik keberhasilan ini sebagai momentum terbaik untuk dunia esports di Indonesia.

Kejuaraan dunia esports yang digelar di Bali ini mempertandingkan enam jenis game, yaitu Tekken 7, DOTA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022 dan CS:GO.

Khusus untuk CS:GO, mempertandingkan kategori CS:GO Male dan CS:G O Female, dengan hadiah total USD 500 ribu.

Indonesia menyabet tiga medali emas, masing-masing dari dari DOTA 2, eFootball, dan MLBB. Selain itu, Tim CS:GO Women memboyong sebuah medali perunggu untuk Indonesia. Pengurus Besar esports Indonesia (PBESI) turut berbahagia dengan keberhasilan atlet esports Indonesia.

"Ini merupakan momentum yang terbaik untuk dunia esports, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Penyelenggaraan ini termasuk yang terbesar selama berdirinya IESF," ucap Ketua Harian Pengurus Besar esports Indonesia (PB ESI), Bambang Sunarwibowo.

Menurut Bambang, kemenangan Indonesia ini akan menjadi modal berharga untuk memantapkan mental serta keyakinan diri para atlet ke depan. Terutama karena para atlet Indonesia telah berhasil menjawab tantangan Ketua Umum PBESI, Budi Gunawan, untuk bisa menjadi juara umum.

"Terbukti sekarang. Tentunya ini upaya secara bersama-sama yang terasa nasionalismenya nampak dari para atlet ini selama bertanding," ucap Bambang.

Emas perdana Indonesia dipersembahkan oleh tim DOTA 2, yang terdiri dari Randy “Dreamocel” Muhammad Sapoetra, Rafli “Mikoto” Fathurrahman, Syaid “Womy” Muhammad Resky, Tri “Jhocam“ Kuncoro, Matthew “Whitemon” Filemon, dan Brizio “Hyde” Adiputra Budiana.

Kemudian emas kedua disumbangkan atlet eFootball Ega Cahya Putra yang tampil gemilang menghempaskan atlet eFootball tangguh dari Argentina.

Sementara, emas terakhir Indonesia di IESF 14 World Esports Championship 2022 digapai Tim MLBB Indonesia yang diperkuat Rachmad "Dreams" Wahyudi, Darrel Jovanco "Tazz" Wijaya, Jabran Bagus "Branz" Wiloko, Rizqi "Saykots" Damank, dan Dalvin "Hijumee" Ramadhan mengalahkan Filipina 3-0.

 

2 dari 3 halaman

Menatap Kemajuan Esports Indonesia

Rencananya PBESI akan melakukan langkah taktis guna memastikan kemajuan yang lebih pesat dari ekosistem esports di Indonesia. Satu di antaranya adalah dengan memperkuat akademi esportss demi mengasah kemampuan atlet masa depan.

"Kita persiapkan sebaik-baiknya. Ada pemerataan karena di sini esportss itu bisa membuat terobosan dari anak-anak muda yang memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi," ujar Bambang.

"Tidak hanya terkait dengan masalah atlet di bidang olahraga, tapi juga di bidang ekonomi yang bisa memberikan potensi yang sangat baik dalam situasi saat ini," lanjutnya.

Sementara itu, Elga Cahya Putra, atlet esports Inodnesia cabang gim efootball tak menyangka mendapat raihan prestasi yang membanggakan di kancah Internasional. Elga pun menantikan kemajuan ekosistem esports di Indonesia seperti yang diungkap oleh PBESI.

"Ingin liga esports di Indonesia bisa seperti di Eropa. Menurut saya mungkin saja nantinya ada rutin kompetisi efootball di Indonesia," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Catat Rekor MURI

Perhelatan IESF World Esports Championship 2022 di Bali ini juga mencatatkan rekor baru Museum Rekor Indonesia (MURI).

Ada tiga rekor MURI untuk penyelenggaraan ini, meliputi Kejuaraan Dunia Esports dengan Peserta Mancanegara Terbanyak, yaitu 105 Negara, Kejuaraan Dunia Esports Luar Ruang Terluas dengan 9.2 Hektar, dan Pertandingan Esports Luring Terbanyak dalam Satu Hari, yaitu 164 Pertandingan.

Rekor MURI tersebut diserahkan oleh Marketing Director MURI, Andre Purwandono kepada Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Bambang Sunarwibowo di sela-sela penutupan perhelatan yang memadukan konsep sports tourism dan sportainment ini.

Video Populer

Foto Populer