Sukses


Program Crowdfunding Bantu Rio Haryanto ke F1 Resmi Diluncurkan

Bola.com, Jakarta Komunitas fans Rio Haryanto di dunia maya, Sahabat Rio, sangat serius membantu mewujudkan misi idolanya tampil di Formula One (F1). Program crowdfunding atau mengumpulkan dana secara patungan akhirnya resmi diluncurkan, Sabtu (24/10/2015).

Sahabat Rio melakukan penggalangan dana dengan menggunakan situs kitabisa.com. Hingga berita ini diturunkan pada pukul 20.25, dana yang terkumpul baru mencapai Rp 1.006.303 dari situs tersebut. Dana tersebut disumbang 9 orang pendukung Rio sejak pukul 13.00 WIB.

Dana ini jelas masih jauh dari jumlah yang dibutuhkan pebalap asal Solo tersebut. Diharapkan, fans Rio lainnya akan tergerak untuk ikut ambil bagian.

Salah satu penggagas program crowdfunding ini yang juga admin akun @sahabatrio, Catur Sunaryo, mengatakan langkah pengumpulan dana secara patungan ini dilakukan karena belum ada solusi riil terkait masalah pendanaan yang dihadapi Rio. Pebalap yang kini memperkuat tim GP2 Campos Racing tersebut butuh dana sekitar Rp 250 miliar untuk bisa bergabung ke tim F1, Manor Marussia. Tenggat waktu yang ditetapkan untuk penyetoran uang adalah 31 Oktober 2015. 

Namun, hingga sekarang belum ada titik terang. Baru Pertamina yang berkomitmen mendukung, itu pun nominalnya hanya Rp 26 miliar. Ini masih jauh dari jumlah dana yang dibutuhkan Rio. Di sisi lain, janji pemerintah untuk membantu mencari dana belum ada realisasinya. Jika gagal memenuhi tenggat waktu, kans Rio tampil di ajang F1 musim depan bakal melayang.

"Kami akhirnya merealisasikan ide crowdfunding ini karena belum ada komitmen riil dari BUMN. Padahal deadline sudah semakin dekat. Target kami bisa mengumpulkan Rp 250 miliar dalam tujuh hari," ujar Catur, saat dihubungi bola.com, hari ini.  

Semua kontribusi yang diterima akan diserahkan kepada pihak Rio Haryanto untuk mendukung aktivitas balapnya. Apabila dana mencukupi atau mencapai target, logo "Sahabat Rio" dapat dimunculkan di mobil F1 2016 tunggangan Rio. 

Jumlah kontribusi pun bervariasi, mulai dari Rp 50.000 hingga tak terbatas. Ada merchandise mulai dari stiker, poster, kaus, hingga sarung bantal bagi para penyumbang. "Jika tidak sekarang kapan lagi. Ayo bantu Rio menuju F1. Cara-cara berdonasi bisa dibuka di situs kitabisa.com/IndonesiaF1," ujar Catur.

Program ini langsung mendapat respons beragam dari publik. Reaksi mereka hampir semuanya positif.  

Beberapa orang lainnya juga langsung membagi info program ini ke rekan-rekannya. Salah satunya akun @kohdiwa

"Kitabisa.com/indonesiaf1 monggo temen yang sekiranya mau ikut terlibat menjadi @SahabatRio," kicau akun Twitter, @kohdiwa, mempromosikan kitabisa.com.

Selama sepekan ini, Rio menikmati jeda balapan dengan pulang kampung ke Solo. Dia mengaku tegang menunggu perkembangan negosiasi dengan Manor. Meskipun begitu Rio juga mengaku tetap fokus menatap dua balapan pamungkas GP2. 

 

Baca juga:

Rio Dikejar Deadline dari Manor, Baru Pertamina yang Berkomitmen

Polemik Rio Haryanto, Ini Alasan ke F1 Butuh Dana Besar

Mudik ke Solo, Rio Haryanto Berburu Makanan Favorit

Video Populer

Foto Populer