Sukses


Soal Visa Pahang FA, Persipura Diambang Sanksi AFC?

Bola.com, Jakarta - Kabar terancamnya penyelenggaraan partai Persipura Jayapura versus Pahang FA di babak 16 besar Piala AFC 2015 sudah diketahui AFC. Sesuai jadwal awal, laga itu digelar pada Selasa (26/5) di Stadion Mandala, Jayapura. Namun, penolakan visa masuk Indonesia terhadap tiga pemain asing Pahang FA membuat laga itu diliputi ketidakpastian, termasuk bagaimana nasib Persipura.

Berstatus sebagai tuan rumah, Persipura bisa terancam sanksi dari AFC bila terbukti gagal mematuhi regulasi. Sesuai regulasi Piala AFC 2015 mengenai visa yang tercantum di pasal 41, setiap klub yang terbukti gagal memuluskan visa bagi pemain klub lawan dan beberapa pihak lain akan diganjar sanksi sesuai Kode Displin AFC.

PSSI sebagai federasi tertinggi sepak bola Indonesia melalui Sekjen Azwan Karim, sudah melakukan komunikasi dengan AFC. Pihak AFC pun sudah memberikan jawaban kepada PSSI.

"Kami kecewa dengan isu visa masuk dari Pahang FA serta kurangnya respons dari PSSI dan juga Persipura Jayapura. Mohon diingat bahwa ada konsekuensi lanjutan atas hal itu, seperti kemungkinan tindakan disipliner atau sanksi akan diterapkan terkait kegagalan menyediakan visa bagi tim tamu. Untuk mencegah hal ini terulang lagi, mohon selesaikan permasalahan ini secepatnya dan pastikan seluruh persiapan bagi tim tamu sesuai regulasi kompetisi Piala AFC 2015. Kami mengharapkan respons Anda untuk menyelesaikan permasalahan ini secepatnya," begitu jawaban AFC seperti yang beredar di media.

Berikut bunyi Pasal 41.2:
Klub tuan rumah dan federasi di mana klub itu berada harus menjamin dan memastikan visa bisa diperoleh untuk delegasi AFC, delegasi resmi klub tamu, patner hak komersial, lisensi, penyiaran AFC, media, dan suporter tim tamu tanpa diskriminasi apapun menyangkut gender, suku, dan kewarganegaraan.

Pasal 41.2.1:
Bilamana artikel dalam Pasal 41.2. dilanggar, dengan melihat klub tamu sudah mematuhi artikel di Pasal 41.1, klub tuan rumah akan kehilangan setiap pertandingan yang berkaitan sesuai dengan Kode Displin AFC.

Di sisi lain, rombongan Pahang FA yang sempat tertahan seharian di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, sudah tiba di KLIA, Kuala Lumpur, Minggu (24/5), sekitar pukul 12.00 WIB dan akan melanjutkan perjalanan menuju Kuantan.

"Kami menunggu pertemuan yang dilakukan AFC dan mengambil tindakan selanjutnya," ungkap Fahrizal Hasan, CEO Pahang FA di akun Twitter-nya.

Baca Juga :

PSSI Daftarkan Persipura dan Persib Berlaga di AFC Cup 2016

Persipura Juara AFC, PSSI Janji Kucurkan Bonus

Tolak Permintaan Menpora, Persipura Dukung Keputusan Liga

Video Populer

Foto Populer