Sukses


Timnas Indonesia Dicoret dari Kualifikasi Piala Dunia 2018

Bola.com, Jakarta - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi terkait sanksi yang dijatuhkan kepada Indonesia. Dengan adanya sanksi FIFA, AFC memastikan seluruh wakil Indonesia tidak bisa berpartisipasi di ajang internasional.

Sebelumnya, FIFA menjatuhkan sanksi kepada Indonesia karena adanya intervensi yang dilakukan oleh Pemerintah, dalam hal ini Menpora Imam Nahrawi sesuai surat FIFA yang dikirimkan ke PSSI, 30 Mei lalu.

Dalam surat yang ditandatangani Sekjen FIFA Jerome Valcke itu disebutkan intervensi yang dilakukan Pemerintah telah melanggar Pasal 13 tentang Kewajiban Anggota dan Pasal 17 tentang Kebebasan Anggota FIFA dan turunannya di Statuta FIFA.

Imbas dari sanksi FIFA itu, Timnas Indonesia dikeluarkan dari Grup F babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia dan kualifikasi Piala Asia 2019. Di dua kompetisi tersebut, skuat Merah-Putih bakal bertarung bersama Cina Taipei, Irak, Thailand, dan Vietnam. 

Bukan itu saja, jadwal pertandingan Indonesia, termasuk dua pertandingan kualifikasi PD 2018 bulan Juni (Cina Taipei vs Indonesia pada 11 Juni dan Indonesia vs Irak pada 16 Juni) dibatalkan.

Dengan sanksi ini, langkah pelatih interim Pieter Huistra yang mengumumkan 25 nama untuk melakoni dua pertandingan kualifikasi PD 2018 dipastikan sia-sia.

Sebelumnya,  dari daftar pemain yang diumumkan Huistra itu, penggawa Persipura Jayapura memiliki perwakilan terbanyak dengan sembilan pemain disusul Persib Bandung dengan mengirimkan enam pemain ke Timnas Indonesia.

Baca juga :

Tim Transisi Tak Khawatir Indonesia Disanksi FIFA

Nasib PSSI Tak Akan Dibahas di Kongres Pemilihan Presiden FIFA

Enam Terobosan Tim Transisi untuk Membenahi Sepak Bola Nasional

Video Populer

Foto Populer