Sukses


FIFA Goal Project Macet, Renovasi Lapangan di Sawangan Terhenti?

Bola.com, Jakarta - PSSI tidak bisa mengajukan kembali FIFA Goal Project demi memenuhi alat-alat dan infrastruktur yang diperlukan untuk menunjang kegiatan persepak bolaan tanah air, sejak dibekukan oleh Menpora yang menyebabkan jatuhnya sanksi FIFA. Padahal, proses pembangunan sentra pembinaan usia muda PSSI sedang berjalan di Sawangan, Depok. 

Seperti diketahui, FIFA Goal Project merupakan progam bantuan pengadaan barang dari FIFA berupa perangkat perkantoran dan infrastruktur penunjang pusat pelatihan sepak bola untuk negara-negara anggotanya. Untuk mendapat kucuran dana tersebut federasi anggota FIFA bisa mengajukan proposal.

Dana maksimal bantuan yang dikeluarkan oleh FIFA sebesar 500 dolar AS atau setara dengan Rp 6 miliar Rupiah.

Setelah hampir menunggu dua tahun lamanya, mulai 2014 PSSI mendapatkan FIFA Goal Project untuk merenovasi lapangan sintetis pusat pelatihan Timnas di Sawangan, Depok. Lahan yang dipakai untuk pembagunan sentra pembinaan merupakan milik pengusaha Nirwan Dermawan Bakrie yang diwakafkan ke PSSI.

"Kita mendapat bantuan sebesar 499.800 ribu dolar AS atau sebesar 5,4 miliar rupiah. Kami menerimanya bukan berbentuk uang tapi berbentuk barang rumput sitentis," kata Goal Project Indonesia Officer, Chandra Solechan saat dihubungi Bola.com, di Jakarta, Rabu (8/7/2015).

Namun, Chandra mengungkapkan, pembekuan yang dilakukan Menpora sehingga sepak bola Indonesia mendapatkan sanksi FIFA membuat PSSI tidak bisa mengajukan permintaan bantuan FIFA Goal Project.

"Tadinya kita mau mengajukan perangkat lampu dan pagar untuk lapangan Sawangan, serta fasilitas fitnes bagi para penggawa Timnas. Namun, sekarang tidak bisa," ungkap Chandra.

Selain melakukan pembangunan lapangan rumput sintetis, sebelumnya PSSI juga membangun lapangan futsal di area yang sama. Kawasan yang tadinya jadi homebase Pelita Jaya, telah berubah fungsi menjadi National Youth Training Centre PSSI. Timnas U-19 dan U-16 yang diasuh Fachri Husaini telah mencicipi fasilitas milik PSSI sejak akhir tahun silam. 

PSSI belum tahu apakah pemugaran National Youth Training Centre PSSI akan berlanjut. Keuangan PSSI tengah porak-poranda karena segala aktivitas organisasi macet imbas pembekuan yang dilakukan Kemenpora.

Berikut Daftar anggota asosiasi yang menerima bantuan dari Goal Project FIFA:

AFC: Bahrain, Brunei Darussalam, Indonesia, Palestina, Seychelles, Singapura, dan Tajikistan

CAF: Burkina Faso, Chad, Djibouti, Liberia, Namibia, Sao Tome e Principe, Sierra Leone, Somalia, Uganda dan Zimbabwe

CONMEBOL: Brasil, Chile, Kolombia dan Venezuela

CONCACAF: St. Vincent & Grenadines, Montserrat dan Panama

UEFA: Kepulauan Faroe, Hungaria dan Slovakia

Daftar asosiasi anggota penerima baru:

AFC: Indonesia dan Malaysia

CAF: Chad, Congo, Equatorial Guinea, Gabon, Ghana, Sierra Leone dan Uganda

CONCACAF: Cayman Islands, Kuba, Guyana, Haiti dan Trinidad & Tobago

UEFA: Estonia dan Swiss

Baca Juga:

Dibekukan Menpora, PSSI di Ambang Kebangkrutan?

Ketum PSSI Dukung Piala Kemerdekaan, asal...

Djohar Mengaku Ketua Umum, PSSI Pilih Cuek Saja

 

 

    Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

    Video Populer

    Foto Populer