Sukses


PT LI Dorong Klub Minimalisir Pemain Asing di ISL 2015-2016

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia (LI) mengusulkan klub-klub peserta Indonesia Super League (ISL) 2015-2016 agar nantinya lebih menonjolkan pemain lokal ketimbang pemain asing.

Untuk menciptakan level kompetisi yang lebih baik lagi di ISL 2015-2016, PT LI berencana melakukan berbagai persiapan usulan hingga penetapan regulasi terbaru. Salah satu usulannya yaitu, setiap klub-klub peserta ISL 2015-2016 nantinya harus menonjolkan pemain-pemain lokal hasil binaan klub masing-masing.

Menurut Tigorshalom Boboy, Sekretaris PT LI, hal tersebut dilakukan agarĀ ISL 2015-2016 bisa menciptakan sebuah kompetisi yang muaranya mampu melahirkan bakat-bakat muda pemain lokal untuk mengisi Timnas Indonesia. Kendati, sekarang ini timnas di semua level usia harus absen dari kompetisi internasional akibat sanksi FIFA.

"Semestinya pemain asing bukan menjadi sumber utama yang dijual oleh klub, melainkan pemain lokal. Usulan tersebut seharusnya memacu klub melahirkan pemain lokal hasil binaan klub masing-masing untuk jadi kunci sukses di sebuah klub," ungkap Tigor.

Akan tetapi, saat ditanyai mengenai porsi pemain asing di setiap klub untuk ISL 2015/2016, Tigor menyampaikan sejauh ini masih belum ada perubahan regulasi. "Kemungkinan regulasi jumlah pemain asing di ISL 2015-2016, nantinya masih sama dengan musim yang lalu," ujar Tigor.

Di musim ISL 2015 yang akhirnya terhenti lalu, PSSI melalui PT LI menetapkan regulasi setiap klub maksimal hanya dihuni tiga pemain asing. Pemain asing yang berkiprah di Indonesia pun harus berasal dari negara yang secara administrasi mengikuti regulasi keimigrasian Indonesia sehingga sejalan dengan peraturan yang berkaitan dengan penggunaan tenaga kerja asing yang berlaku di negara ini.

Sedangkan di level Divisi Utama, PSSI-PT LI menerapkan aturan tanpa penggunaan pemain asing. Mayoritas klub peserta liga kasta kedua Indonesia itu menyetujui aturan itu. Hanya, kompetisi Divisi Utama tanpa pemain asing itu batal terjadi untuk sementara waktu lantaran Divisi Utama 2015 gagal terselenggara.

Baca Juga :

ISL 2015-2016 Boleh Gunakan Pemain Asing, Asal...

ISL 2015-2016 Cocok Pakai Salary Cap atau Financial Fair Play?

Persipura Berharap ISL Terbaru Bergulir pada Oktober 2015

Video Populer

Foto Populer