Sukses


PSSI Belum Berniat Kurangi Jumlah Pemain Asing di ISL

Bola.com, Jakarta - Wakil ketua umum PSSI Erwin Dwi Budiawan, mengatakan belum ada perubahan kebijakan soal penggunaan pemain asing di ISL musim 2015-2016.

Jika ISL benar-benar bisa bergulir nantinya, regulasi jumlah legiun asing tetap sama, mengikuti Kongres PSSI di Surabaya 18 April 2015. "Pemain asing masih tetap tiga seperti musim lalu, tidak ada perubahan dalam kuota pemain asing," kata Erwin kepada Bola.com.

Perubahan bisa dilakukan pasca kongres tahunan PSSI tahun 2016 mendatang.

Perdebatan jumlah kuota maksimal pemain asing ideal belakangan kerap bermunculan. Kontrak pemain asing masuk hitungan pos pengeluaran yang tinggi buat klub. Kehadiran mereka mempersempit kesempatan bakat-bakat lokal berlaga di lapangan.

Pengurangan jumlah pemain asing sendiri mulai dilakukan secara bertahap oleh PSSI. Pada musim 2014, klub hanya diperbolehkan mengontrak maksimal empat pemain, di mana hanya tiga di antaranya yang boleh turun di lapangan. Jumlahnya berkurang dibanding musim sebelumnya.

Pada ISL 2015 jumlah pemain impor direduksi lagi menjadi hanya maksimal tiga pemain. Nyatanya, walau jumlah sudah dikurangi kasus tunggakan gaji ke pemain asing masih marak terjadi.

Sanksi FIFA menjadi momen yang pas untuk mengambil langkah ekstrem mencoret keberadaan pemain asing dari pentas sepak bola nasional. Saat PSSI masih disanksi FIFA, klub-klub Indonesia tidak bisa leluasa mendatangkan pemain asing gres karena federasi anggota FIFA lainnya dilarang berinteraksi dengan PSSI.

Paling banter klub-klub asal Indonesia memaksimalkan pemain asing lawas yang sudah lama berkecimpung di pentas kompetisi Tanah Air, atau mereka yang berstatus bebas transfer tak dikontrak klub mana-mana. Khusus yang terakhir proses transfernya bertele-tele karena status sanksi FIFA tersebut.

PSSI sudah siap dengan kemungkinan ISL tanpa pemain asing. "Ya, kita lihat saja ada atau tidak pemain asing yang akan bermain di sini. Karena itu tidak masalah buat kami," ujar Erwin Budiawan.

PT Liga Indonesia serta PSSIĀ  menggelar pertemuan klub-klub ISL pada tanggal 12 Agustus 2015. Konsolidasi menghadapi musim baru akan dilakukan dalam rapat itu.

Baca Juga:

PSSI Tak Butuh Rekomendasi BOPI untuk Gulirkan Kompetisi

Wawancara Waketum PSSI Erwin Budiawan: Verifikasi Wilayah PSSI

Langkah PSSI Agar ISL 2015-2016 Tak Terkendala Izin Keramaian

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer