Sukses


Kompetisi Bubar, Pelatih Tim ISL Ini Pilih Melatih Tim Sekolah

Bola.com, Makassar - Pasca penghentian kompetisi Indonesia Super League 2015, banyak pelaku sepak bola kehilangan mata pencaharian. Hal itu merupakan imbas dari konflik Kemenpora dan PSSI yang tak juga mereda.

Salah satu pelaku sepak bola yang terkena imbas adalah pelatih kiper Persiram Raja Ampat, Herman Kadiaman. Ia sudah menganggur sejak ISL dihentikan dengan alasan force majeure, Mei. Asa Herman kembali dapat pemasukan terbuka saat gaung Piala Presiden mulai terdengar, namun Persiram memutuskan tidak ikut jadi peserta.

Alhasil, 'masa istirahat' Herman jadi panjang. "Saya berharap rencana PT Liga Indonesia menggelar ISL 2015-2016 bisa terlaksana tanpa kendala lagi. Karena bagi saya dan pelaku sepak bola lainnya, kompetisi adalah sumber utama kami," ujar Herman kepada Bola.com, Senin (24/08/2015).

Menurut Herman, dirinya sempat senang ketika manajemen Persiram menyatakan ikut Piala Presiden. Tapi, belakangan asa itu kembali surut menyusul keputusan mundur dari Persiram menyusul 'saudara tua' mereka, Persipura Jayapura.

"Saya terpaksa ikut saja dengan keputusan manajemen," jelas Herman, yang mengaku tetap intens berkomunikasi dengan manajemen Persiram.

Sebagai pelatih yang terbiasa beraktivitas, Herman 'menyibukkan' diri melatih tim sepak bola SD-SMP Ujungpandang, Makassar, dua kali dalam sepekan. "Selebihnya, saya lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga dan sesekali 'menghabiskan' keringat di lapangan Hasanuddin," papar Herman yang pernah jadi pelatih kiper PSM Makassar, Arema Indonesia, dan Persela Lamongan.

Suami dari Sandra Leiwakabessy ini berharap konflik sepak bola Indonesia bisa segera berakhir. Ia pun berharap gelaran Piala Presiden berjalan dengan lancar meski Dewa Laut tidak berpartisipasi.

"Saya membayangkan di pembukaan Piala Presiden nanti, Presiden Jokowi duduk berdampingan dengan Menpora Imam Nahrawi dan Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti. Semoga itu bisa terjadi dan sepak bola Indonesia kembali hidup," ujar Herman.

Baca juga :

Mahaka : Kurang dari 12 Klub ISL, Piala Indonesia Satu Batal

Persib Masih Tunggu Kepastian Promotor Piala Indonesia Satu

Ini Alasan Persipura Jayapura Tak Ikut Piala Indonesia Satu

Video Populer

Foto Populer