Sukses


Seru di Menit Akhir, Persiba Balikpapan Kalahkan Martapura FC 3-2

Bola.com, Bandung - Persiba Balikpapan berhasil memetik kemenangan perdana pada laga kedua babak penyisihan Grup A Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu (6/9/2015) sore WIB. Skuat arahan Eduard Tjong itu menekuk Martapura FC dengan skor 3-2.

Tiga gol kemenangan Tim Beruang Madu diciptakan oleh Muhammad Sholehudin dan sepasang gol dari Bayu Pradana. Sedangkan gol Martapura dicetak Syaifullah Nazar dan Isnan Ali.

Hasil ini membuat Persiba untuk sementara menduduki posisi kedua di klasemen dengan raihan tiga poin dari dua kali bertanding. Bagi Martapura, kekalahan tersebut menempatkan mereka di dasar klasemen dengan mengumpulkan satu angka.

Namun, posisi di klasemen masih bisa berubah mengingat masih ada partai lain di Grup A yang mempertemukan tuan rumah Persib Bandung melawan Persebaya United yang baru bermain petang ini.

Pada pertandingan ini, pelatih Martapura, Frans Sinatra Huwae, menggunakan formasi 4-4-2 dengan menduetkan Syaifullah Nazar dan Charles Orock di lini depan. Sedangkan Persiba memakai formasi lama 3-5-2.

Pada menit ketujuh Rizky R. Pora hampir saja membuka keunggulan untuk Martapura. Tapi, umpan terukur dari Syaifull Nazar gagal dimanfaatkan pemain pinjaman dari Barito Putera tersebut.

Setelah itu giliran Persiba yang mempunyai peluang menciptakan gol. Di menit ke-14, tendangan keras dari dalam kotak penalti yang dilepaskan Rahel Radiansyah masih dapat diselamatkan oleh penjaga gawang Martapura, Fauzal Mubarok.

Terus menyerang akhirnya Martapura dapat unggul lebih dulu pada menit 20. Melalui skema serangan balik yang cepat dari sisi kiri, Rizky Pora mengirimkan umpan tarik yang dikonversi jadi gol oleh Syaifullah Nazar. Barisan belakang Persiba terkesan tidak sigap dalam menghalau serangan itu.

Unggul satu gol membuat skuat arahan Frans Sinatra Huwae semakin gencar melakukan serangan. Namun, lini belakang Persiba bangkit dan membuat Martapura gagal menambah keunggulan mereka.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Persiba mendapatkan penalti karena Ady Setiawan melakukan handball di dalam kotak penalti. Tapi, eksekusi dari kapten tim Persiba I Made Wirahadi berhasil dimentahkan Fauzal Mubarok. Tim Beruang Madu gagal memanfaatkan peluang untuk menyamakan skor.

Alhasil, keunggulan 1-0 untuk Martapura bertahan sampai wasit meniupkan tanda berakhirnya babak pertama.

Selepas turun minum kedua tim bermain dengan tempo lambat. Hal ini berbeda sekali bila dibandingkan babak pertama. Hingga menit ke-60 tidak ada peluang yang berbahaya untuk kedua tim.

Beruang Madu akhirnya dapat menyamakan kedudukan di menit ke-63. Bayu Pradana mencetak gol spektakuler lewat tendangan bebas dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok kanan gawang Martapura.

Skor imbang membuat Persiba semakin gencar melakukan serangan. Terbukti, Bayu kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit 70. Ia sukses memanfaatkan umpan lambung dari pemain Persiba lewat sundulan kepalanya.

Tiga menit kemudian pemain yang baru masuk di babak kedua, Muhammad Sholehudin memperlebar kedudukan menjadi 3-1 untuk Persiba. Pemain bernomor punggung 29 tersebut mencetak gol lewat sundulan kepala.

Menjelang berakhirnya pertandingan Isnan Ali berhasil menipiskan skor. Ia mencetak gol lewat tendangan keras dari dalam kotak penalti yang tidak bisa dijangkau penjaga gawang Persiba. Hingga pertandingan selesai skor 3-2 untuk kemenangan Persiba tidak berubah.

Susunan pemain:

Martapura FC (4-4-2): Fauzal Mubarok; Erwin Gutawa, Fahreza Agamal, Muhammad Husein, Ady Setiawan; Dedi Hartono, Marshell Huwae, Amirul Mukminin, Rizky Pora; Syaifullah Nazar (Muhammad Aidil), Chareles Orock (Abdul Rahman).

Pelatih: Frans Sinatra Huwae.

Persiba Balikpapan (3-5-2): Jandia Eka; Arifki Eka, Yudi Khoirudin (Septihadi), Absor Fauzi; Frengki Turnado, Arwin, Bayu Pradana, Rendi Saputra, Rahel Radiansyah; Suheri Daud (Sholehudin), I Made Wirahadi.

Pelatih: Eduard Tjong.

Baca Juga:

Live Streaming Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Bola.com

Persib Harus Waspada, Persebaya Punya Memori Bagus di Bandung

Ulas Statistik: Firman Utina Tetap Jadi Aktor Kunci Persib

Video Populer

Foto Populer