Sukses


Wawancara RD: "Gaji Pemain dan Pelatih Baru Dibayar 25 Persen"

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta gagal melangkah ke perempat final Piala Presiden 2015 setelah hanya menempati urutan ketiga klasemen akhir Grup C, dengan memperoleh dua poin. Macan Kemayoran bermain imbang dan sekali menelan kekalahan.

Macan Kemayoran hanya berhasil menahan Persita Tangerang dengan skor 1-1 dan Mitra Kukar tanpa gol, di laga kedua serta ketiga Piala Presiden. Mirisnya lagi, Tim Oranye harus menelan kekalahan telak dari Bali United dengan skor telak 0-3, di laga perdana.

Kegagalan tersebut menorehkan tanda tanya besar tentang nasib skuat Macan Kemayoran selanjutnya. Bagaimana nasib para pemain dan pelatih di Persija? Berikut kutipan wawancara Bola.com dengan pelatih Persija, Rahmad Darmawan.

Bagaimana kelanjutan Persija setelah gagal melaju ke perempat final?

Masalah yang kami hadapi cukup kompleks, mulai teknis hingga nonteknis. Yang paling terasa adalah persiapan mepet. Terbukti, kami baru bisa bermain nyaman di laga terakhir melawan Mitra Kukar

Ketika Persija hanya bisa bermain imbang dengan Mitra Kukar dan dipastikan tidak bisa melaju ke babak perempat final, manajemen mengumpulkan para pemain dan pelatih. Presiden Persija, Ferry Paulus, langsung memimpin pertemuan tersebut.

Dia berkata untuk sementara tim dibubarkan. Persija akan membentuk tim yang baru dan akan diumumkan dua minggu lagi. Namun, belum diketahui seperti apa materi pemain dan pelatih. Apakah masih sama seperti yang dulu atau hanya beberapa wajah lama dan ditambah wajah baru? Semuanya diputuskan langsung oleh pihak manajemen.

Ada instruksi dari manajemen terkait hasil di Piala Presiden?

Saya sudah diberi informasi untuk menyampaikan evaluasi, sekaligus rencana pembentukan tim baru. Jadi, saya juga belum tahu apakah akan dipertahankan di tim atau tidak. Saya hanya berkerja di tataran teknis, jadi yang saya lakukan adalah membuat evaluasi penampilan tim dan pemain secara keseluruhan.

Bagaimana nasib para pemain?

Sesuai pertemuan, para pemain Persija dipulangkan. Saat ini mereka lebih menghabiskan waktu bersama keluarga usai menjalani Piala Presiden. Begitu pula para pemain pinjaman dari Semen Padang dan Persiram Raja Ampat, semuanya dipulangkan.

Mereka rata-rata pulang ke keluarga. Semuanya menunggu keputusan klub, apakah kembali dipanggil oleh Persija atau tidaknya, guna mengikuti kompetisi ISL 2015-2016.

Soal gaji para pemain?

Soal gaji, semuanya sesuai pertemuan dengan pihak manajemen, sebelum Piala Presiden. Jika berhasil masuk ke semifinal, gaji pemain bisa dilunasi. Akan tetapi, kenyataannya kami gagal dan para pemain hanya mendapatkan pelunasan gaji sebanyak 25 persen.

Namun, manajemen Persija berjanji akan melunasi seluruh gaji pemain sebelum kompetisi ISL 2015-2016 yang direncanakan akan bergulir tahun ini. Pasalnya, tidak ada tanggungan keuangan menjadi salah satu syarat sebuah klub dapat mengikuti kompetisi.

Bagaimana dengan gaji Anda?

Nasib saya dan pemain sama. Sementara kami sama-sama hanya mendapatkan gaji 25 persen karena gagal melaju ke babak perempat final. Pihak manajemen Persija juga berjanji akan melunasi gaji para staf pelatih sebelum ISL 2015-2016 bergulir. Jadi, saya, para pemain, dan tim pelatih hanya bisa menunggu keputusan manajemen Persija tersebut.

Anda masih ingin melatih Persija?

Saya tidak bisa mengambil sikap terburu-buru, apakah saya masih ingin melatih Persija atau tidak. Jadi, saya lihat nanti seperti apa tindakan dari manajemen Persija.

Walau tidak melatih Persija lagi, saya akan tetap menjadi pelatih. Jadi pelatih dan berkecimpung di sepak bola adalah kehidupan saya dan pekerjaan saya. Setiap saya melatih, saya selalu mempunyai target yang disesuaikan dengan kondisi tim.

Apakah benar Anda ditawari melatih klub di Malaysia?

Saya tidak mau berkomentar soal itu. Tahun lalu, ada sebuah klub yang menawarkan saya untuk jadi pelatih. Tapi, saya tidak bisa menyebut klub tersebut. Kalau tahun ini, belum ada klub dari Malaysia yang menawarkan saya jadi pelatih di sana.

Baca Juga :

Persija Bentuk Tim Baru, Nasib RD Masih Tanda Tanya

Ketum Jakmania Minta Manajemen Persija Tetap Lunasi Gaji Pemain

Rapor Persija Usai Tersingkir di Piala Presiden, Serba Negatif?

 

Video Populer

Foto Populer